Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Pasang Talang Air Mobil Saat Musim Hujan

Kompas.com - 16/11/2023, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.comDoor visor atau juga dikenal dengan talang air merupakan salah satu komponen penting pada mobil, sebab dapat memberikan perlindungan tambahan dari cipratan air hujan.

Meski begitu, masih ada pemilik mobil tidak sepenuhnya memahami betapa pentingnya penggunaan talang air, bahkan menganggap sektor tersebut hanya aksesoris kendaraan agar lebih menarik.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, talang air mobil memiliki peran penting dan sangat berpengaruh untuk mobil, apalagi ketika musim hujan.

“Kalau fungsi pokoknya untuk menghindari air hujan ke dalam kabin,” kata Iwan kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Bridgestone Mau Bikin Ban Khusus Mobil Listrik Mungil

Buka sedikit kaca sebatas side visor (talang air)Azwar Ferdian/KompasOtomotif Buka sedikit kaca sebatas side visor (talang air)

Sehingga air hujan dari permukaan atap mobil dan kaca depan bisa mengalir ke arah lain, atau menjauh dari pintu dan jendela.

Selain itu, talang air pada mobil bisa melindungi berbagai komponen kelistrikan dari air hujan.

“Fungsi lainnya untuk melindungi komponen mobil yang mengandung kelistrikan seperti, sakelar dari cipratan air hujan karena ini bisa berbahaya.

Iwan juga mengatakan, talang air pada mobil bisa mengurangi embun pada kaca jendela. Namun, pada umumnya pemilik kendaraan memasang komponen ini hanya untuk menambah tampilan mobil.

Baca juga: Ducasu, Ducati Versi KW Asal China

Talang Air Honda BR-VStanly/Otomania Talang Air Honda BR-V

Hal serupa juga dikatakan, Dealer Technical Support Dept PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, berkat adanya talang air pada mobil, berbagai tombol elektrik yang menempel di door trim ataupun setir kemudi, tidak mengalami korsleting.

“Talang air juga memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air hujan saat membuka jendela mobil,” katanya.

“Jadi, air dari atap dibuang ke depan dan belakang supaya tidak mengguyur kaca bagian samping,” lanjut Didi.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Rem Parkir Elektrik Saat Kecepatan Tinggi

Kemudian, talang air pada mobil juga bisa meningkatkan kenyamanan tambahan ketika berkendara.

“Walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lainnya-lainnya. Apalagi di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung,” katanya.

Mengenai harga, dari pantauan Kompas.com di berbagai e-commerce, Rabu (15/11/2023) berada di kisaran Rp 100.000 hingga jutaan rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com