Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Perbedaan Fitur Toyota Yaris Cross Standar dengan Versi Hybrid

Kompas.com - 14/11/2023, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini semakin ketat. Beberapa pabrikan sengaja menyematkan teknologi baru pada mobilnya serta menawarkan harga yang cukup kompetitif agar bisa dijangkau oleh konsumen di Tanah Air.

Seperti contohnya All New Toyota Yaris Cross yang belum lama ini diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Mei 2023 lalu.

SUV perkotaan ini hadir dalam versi bensin dan juga teknologi hybrid. Untuk All New Toyota Yaris Cross non hybrid dibanderol mulai Rp 351 juta, sedangkan varian hybrid dijual Rp 440,6 juta.

Baca juga: Sama Seperti Martin, Bagnaia Juga Ketahuan Melanggar Batas Tekanan Ban

Toyota Yaris CrossKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota Yaris Cross

Kalau sebelumnya Redaksi sudah membahas tentang perbandingan eksterior dan interior, kini saatnya membahas perbedaan fitur Yaris Cross hybrid dengan Yaris Cross non hybrid tipe S. Kedua model yang kami bandingkan ini sudah dibekali GR Parts Aero Package.

Saat masuk ke kabin Toyota Yaris Cross hybrid maupun non hybrid, pengemudi akan disambut dengan tampilan kabin yang sporty berkat dominasi warna hitam dan sedikit aksen biru.

Untuk Yaris Cross hybrid dibekali layar head unit 10,1 inci yang sudah terintegrasi dengan Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto, serta MID 7 inci yang sudah full digital. Kabin semakin mewah berkat panoramic roof berukuran besar di bagian atap.

Sementara untuk Yaris Cross standar, tampilan head unitnya dibuat lebih tinggi, berbeda dengan tipe hybrid yang didesain lebih memanjang ke samping. Tipe non hybrid ini juga sudah terintegrasi dengan Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto.

Tim redaksi mengendarai Yaris Cross hyrbid di jalan sekitar BSD, TangerangKompas.com Tim redaksi mengendarai Yaris Cross hyrbid di jalan sekitar BSD, Tangerang

Kedua model ini sudah memiliki kelengkapan audio steering switch. Namun, untuk tipe non hybrid belum terdapat paddle shift di belakang kemudi.

Pengaturan setir Yaris Cross hybrid dan non hybrid sudah tilt dan telescopic, namun hanya jok pengemudi yang sudah electric sementara jok penumpang baris depan masih manual.

Baik model Yaris Cross hybrid dan non hybrid, sudah dibekali dengan tiga mode berkendara, yakni ECO, Normal dan Power, serta dilengkapi dengan electric parking brake. Hanya saja untuk tipe hybrid memiliki fitur tambahan seperti modern wireless charger.

Kedua model ini turut dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, mulai dari Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).

Interior Toyota Yaris CrossKompas.com/Nanda Interior Toyota Yaris Cross

Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara.

Selain itu, ada juga teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) seperti Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, Automatic High Beam.

Tak ketinggalan fitur T Intouch ikut melengkapi fitur Yaris Cross (semua tipe) untuk memaksimalkan keamanan serta konektivitas pelanggan. Mulai dari find my car, e-care, trip driving update hingga road assistance.

Baca juga: Oktober 2023, 900 Unit Motor Listrik Yadea Lolos Verifikasi Subsidi

Secara keseluruhan, Yaris Cross hybrid dan non hybrid sudah dibekali dengan ragam fitur yang cukup mumpuni. Hanya saja tipe hybrid memiliki beberapa keunggulan seperti panoramic roof dan wireless charging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com