Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Hengkang, Red Bull Tarik Sponsor dari Repsol Honda

Kompas.com - 14/11/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Red Bull kabarnya akan menarik sponsor dari Repsol Honda pada akhir musim ini usai Marc Marquez hengkang ke Gresini Ducati.

Dilansir dari Motorsport (14/11/2023), keputusan itu terjadi karena Red Bull dan Honda telah bersepakat bahwa sponsor dapat dihentikan ketika Marquez tak lagi di Honda.

Red Bull akan menerapkan klausul pelepasan sponsor tim pada 2024. Sementara Honda juga dilarang menampilkan iklan dari pesaing Red Bull manapun hingga akhir tahun depan.

Baca juga: Kymco Skytown Meluncur, Calon Pesaing Honda PCX dan Yamaha NMAX

Motor balap RC213V yang dipakai oleh pebalap Repsol Honda Marc Marquez dipajang di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor ini mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dan memiliki konfigurasi V4, 4 katup per silinder DOHC, dan berpendingin cairan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor balap RC213V yang dipakai oleh pebalap Repsol Honda Marc Marquez dipajang di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor ini mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dan memiliki konfigurasi V4, 4 katup per silinder DOHC, dan berpendingin cairan.

Untuk diketahui, Red Bull telah mensponsori tim pabrikan Honda sejak musim 2006 yang saat itu dihuni Nicky Hayden dan Dani Pedrosa.

Meski begitu, logo Red Bull baru muncul pada livery motor pada musim 2015, dua tahun setelah Marquez debut di MotoGP dan meraih gelar juara di musim rookie-nya.

Sementara itu, menurut laporan Crash (14/11/2023), Repsol diperkirakan akan melanjutkan sponsorship mereka dengan Honda pada musim 2024, tahun terakhir kontrak mereka bersama.

Baca juga: Diskon Motor Listrik November 2023, Yadea Tembus Rp 9,5 Jutaan


Sedangkan Gresini kabarnya telah menjalin kerja sama denga Estrella Galicia, perusahaan bir Spanyol yang mensponsori Marquez bersaudara.

Adapun, Marquez memastikan bahwa ia tidak akan balapan secara gratis di Gresini, meskipun dirinya harus rela melepas gaji tertinggi di MotoGP.

“Saya tidak pernah menjelaskan [secara detail] tentang aspek itu karena, seperti yang Anda tahu, tidak ada yang tahu berapa gaji saya sekarang di Honda. Tidak ada yang tahu,” ujar Marquez.

“Memang benar saya mendapat gaji tertinggi di MotoGP, tapi saya senang dengan apa yang akan saya dapatkan tahun depan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com