Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor yang Bikin Pebalap Lain Ogah Gantikan Marquez di Repsol Honda

Kompas.com - 29/10/2023, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Sumber Crash


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai Marc Marquez mengumumkan pindah ke Gresini Racing musim depan, sampai saat ini Honda belum mengumumkan siapa pengganti Baby Alien di kursi panas tersebut.

Simon Crafar, mantan pebalap GP 500 cc sekaligus komentator MotoGP mulai 2018 mengatakan, Honda kesulitan mencari pebalap yang mau gantikan Marquez karena durasi kontraknya pendek.

Baca juga: Fungsi Boks Motor Bagi Pengendara Wanita

Crafar mengatakan, Honda hanya menawarkan kontrak selama satu tahun. Para pebalap melihat itu sebagai judi. Karena jika performanya ternyata buruk maka bisa langsung diganti tahun berikutnya.

Miguel Oliveira saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. @88migueloliveira Miguel Oliveira saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Sebetulnya, kata Crafar, kontrak selama satu tahun di dunia balap motor hal wajar. Namun masalahnya Honda berusaha untuk mencari pebalap siap pakai alias pebalap yang sudah punya nama.

“Anda melakukan semua pekerjaan itu selama satu tahun dan kemudian pergi? Ini bisa sangat menarik bagi banyak orang," kata Crafar dilansir dari Crash, Minggu (29/10/2023).

Crafar menilai hal tersebut yang membuat Honda sulit menggaet Miguel Oliveira. Sebab dalam beberapa pekan terakhir, pebalap asal Portugal itu memang disebut-sebut sedang diincar oleh Honda buat gantikan Marquez.

Baca juga: Selain Coolant, Ini Alternatif Cairan untuk Radiator Mobil

“Seseorang seperti Miguel ingin menyelesaikan masalah dan kemudian ingin beberapa tahun untuk mengembangkannya dan menikmati kemajuan yang telah ia capai," kata Crafar.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat berbicara dalam sesi konferensi pers jelang MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 12 Oktober 2023. Terkini, Marquez mengonfirmasi bahwa ia akan memacu motor Ducati Desmosedici GP23 bersama Gresini musim depan. (Foto oleh Sonny TUMBELAKA / AFP)AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat berbicara dalam sesi konferensi pers jelang MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 12 Oktober 2023. Terkini, Marquez mengonfirmasi bahwa ia akan memacu motor Ducati Desmosedici GP23 bersama Gresini musim depan. (Foto oleh Sonny TUMBELAKA / AFP)

Crafar yang berspekulasi bahwa Oliveira memang hanya ditawari kontrak satu tahun, yakin bahwa tawaran Honda nantinya akan ditolak dan disebut bakal tetap memilih bersama Aprilia.

“Pebalap seperti Miguel, anda tidak bisa mengharapkan dia menerimanya jika itu yang mereka tawarkan kepadanya,” kata Crafar.

“Miguel berada pada tahap di mana dia bisa melakukan hal-hal bagus dengan motor yang sangat bagus. Dia perlu membuktikannya dan dia ingin menang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com