Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Fitur Unggulan Mobil Listrik MG4 EV

Kompas.com - 11/11/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) MG4 EV tampil agresif di luar, tapi minimalis di dalam. Selain itu, fitur-fitur canggih yang disematkan juga bisa bersaing dengan para kompetitornya.

Pada bagian dalam, MG menyediakan cukup banyak power outlet. Kemudian, ditambahkan juga dengan pengisian daya nirkabel alias wireless charging.

Baca juga: Bawa MG4 EV buat Dipakai Harian, Ini Ulasannya

Lalu, MG4 EV juga sudah dibekali dengan kamera parkir dengan kemampuan 360 derajat. Tapi, kualitas gambar yang ditampilkan pada layar head unit kurang tajam.

Layar head unit mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Layar head unit mobil listrik MG4 EV

Salah satu fitur unggulan lainnya adalah kemampuan MG4 EV menjadi sumber energi dengan fitur vehicle-to-load (V2L). Dengan fitur ini, mobil listrik ini bisa digunakan untuk menghidupkan beragam peralatan elektronik rumahan.

Namun, sedikit berbeda dengan V2L yang ada pada Hyundai Ioniq 5. Pada MG4 EV, tidak ada colokan di kabin. Colokan V2L ada di bagian luar dan membutuhkan kabel khusus.

Baca juga: Bahas Desain Minimalis Interior Mobil Listrik MG4 EV

MG4 EV juga sudah dibekali dengan teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang disebut Smart Drive. Teknologi ini yang meliputi banyak fitur keselamatan aktif.

Kabel vehicle to load (V2L) mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Kabel vehicle to load (V2L) mobil listrik MG4 EV

Pada MG4 EV sudah disematkan Adaptive Cruise Control, Front Collision Warning, Automatic Emergency Braking, Traffic Jam Assist, Lane Keep Assist, Emergency Lane Keeping Assist, Lane Departure Warning, Lane Change Assist, Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, Rear Collision Warning, dan Door Open Warning.

Selain itu, disematkan juga fitur canggih lainnya, yakni Stability Control System, Curve Brake Control, Electronic Brake Assist, Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, Auto Vehicle Hold, Electronic Parking Brake, Traction Control System, Hill Star Assist System, Emergency Stop Signal, Intelligent High Beam Control, Tire Pressure Management System, dan Driver Monitor System.

Mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Mobil listrik MG4 EV

Sedikit catatan selama pengetesan mobil ini, khususnya untuk fitur Front Collision Warning. Ketika mobil memerintahkan Automatic Emergency Braking, pengereman dilakukan benar-benar mendadak. Sehingga, membuat penumpang merasa kaget dan terpental ke depan. Jika merasa kurang nyaman, penggunanya bisa menonaktifkan fitur tersebut.

Pada tipe tertinggi, yakni Magnify i-Smart, sudah disematkan pula teknologi i-Smart. Teknologi ini memungkinkan penggunanya terhubung dengan mobil melalui aplikasi.

Baca juga: Pemerintah Tambah Subsidi Konversi Motor Listrik Jadi Rp 10 Juta

Mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Mobil listrik MG4 EV

Pada aplikasi tersebut, terdapat beragam informasi mengenai mobil. Selain itu, banyak fitur di dalamnya yang bisa mengoperasikan sejumlah fitur pada mobil, seperti menyalakan dan mematikan mesin dan AC.

Selanjutnya, terdapat fitur perintah suara yang disebut Smart Command. Hanya dengan menggunakan perintah suara berbahasa Inggris, bisa memudahkan penggunanya untuk melalukan panggilan dan menjawab telepon, menyalakan, mematikan, dan mengubah frekuensi radio atau lagu, mengatur AC, dan lainnya.

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Test drive mobil listrik MG4 EV

MG juga menyematkan fitur i-Call. Dengan fitur ini, bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi untuk dapat menghubungi Call Center MG yang beroperasi 24 jam.

Secara keseluruhan, fitur yang ditawarkan MG4 EV terbilang canggih dan lengkap. Bahkan, dengan banderol Rp 699,9 juta (OTR Jakarta) dan fitur sebanyak itu, MG4 EV patut untuk diperhitungkan bagi yang mencari mobil listrik di kisaran Rp 600 jutaan.

Baca juga: Mobil Listrik Toyota bZ4X Jadi Mobil Dinas Polisi


Selain tipe Magnify i-Smart, terdapat pula tipe Ignite dengan banderol Rp 649,9 juta (OTR Jakarta). MG4 EV saat ini hadir dalam lima pilihan warna, yakni Brighton Blue, Arctic White, Black Knight, Metal Ash Grey, Scarlet Red, dan yang terbaru Volcano Orange.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com