Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain Eksterior MG4 EV, Aerodinamis dan Agresif

Kompas.com - 23/10/2023, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garages (MG) sudah memasarkan mobil listrik di Indonesia melalui PT MG Motor Indonesia. Desain eksterior hatchback ini tampak aerodinamis dan juga cukup agresif.

Tampak depannya, MG4 EV terlihat intimidatif dengan bentuk lampu utama yang menyipit. Lampu depan dengan teknologi LED ini juga terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL).

Baca juga: MG4 EV Raih Penghargaan Mobil Listrik dengan Platform Terbaik

Sementara untuk lampu seinnya, ditempatkan di sisi kanan dan kiri bumper. Lalu, pada bagian tengah bumper, terdapat grille atau kisi-kisi untuk masuknya udara sebagai sistem pendinginan.

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Test drive mobil listrik MG4 EV

Beralih ke bagian samping, tidak seperti beberapa mobil listrik lainnya yang menggunakan gagang pintu model flush, MG4 EV masih mengandalkan gagang pintu model konvensional.

Bingkai kaca jendela dikelir warna hitam. Begitu pula dengan side body moulding yang terdapat di bagian bawah pintu. Peleknya berukuran 17 inci dengan profil ban 215/50.

Baca juga: MG4 EV Bersolek, Hadir dengan Warna Volcano Orange

Peleknya terlihat futuristik, tapi sebenarnya itu hanya cover dop yang terbuat dari plastik. Cara seperti ini juga dilakukan oleh Toyota pada mobil listriknya, yakni bZ4X.

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Test drive mobil listrik MG4 EV

Bagian atas atau atapnya tidak dilengkapi dengan sunroof atau panoramic roof. Sehingga, pemilik mobil bisa menambahkan roof rack untuk menyematkan roof box, tanpa mengganggu fungsi lainnya.

Beralih ke buritan, bagian atas kaca memiliki spoiler yang terbagi dua dan di tengah-tengahnya terdapat high mounted stop lamp. Desainnya lagi-lagi memiliki kemiripan dengan bZ4X. Begitu pula dengan desain lampu belakang yang terlihat mengotak.

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Test drive mobil listrik MG4 EV

Tapi, pada MG4 EV, lampu belakangnya terpisahkan oleh logo MG. Meski demikian, desainnya terlihat sangat menarik dan cukup futuristik.

Lalu, bagian menarik lainnya dari sisi belakang ada pada bumper. Sebab, pada bagian tengahnya disematkan rear fog lamp yang jika dinyalakan sedikit mengingatkan pada mobil balap Formula 1 (F1).

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Test drive mobil listrik MG4 EV

Secara dimensi, MG4 EV memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan Hyundai Ioniq 5. Mobil listrik ini memiliki panjang 4.287 mm, lebar 1.836 mm, tinggi 1.516 mm, dan jarak sumbu roda 2.705 mm. Jarak terendah ke tanah mencapai 117 mm.

MG4 EV saat ini hadir dalam lima pilihan warna, yakni Brighton Blue, Arctic White, Black Knight, Metal Ash Grey, Scarlet Red, dan yang terbaru Volcano Orange. Tersedia dua tipe, Ignite dengan banderol Rp 649,9 juta (OTR Jakarta) dan Magnify i-Smart seharga Rp 699,9 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com