Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Pakai Alat Khusus Untuk Atasi Radiasi Panas dari RS-GP

Kompas.com - 11/11/2023, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pebalap Aprilia mengeluhkan soal radiasi panas dari motor balap RS-GP. Pada MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, Aprilia mengaplikasikan alat khusus untuk mengatasinya.

Sebelumnya, Aleix Espargaro mengungkapkan bahwa dirinya sempat kesulitan bernapas saat balapan utama pada MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram. Begitu pula dengan rekan setimnya, yakni Maverick Vinales.

Baca juga: Kalah dari Bagnaia, Vinales Salahkan Ban Motor yang Cepat Habis

Pebalap paling senior di kelas MotoGP ini juga sempat terjatuh pada sesi latihan bebas FP1. Aleix mengalami lowside pada tikungan terakhir. Ketika dia ingin mengangkat motornya kembali, api menyembur dari bagian knalpot.

Pada motor Aleix, Aprilia menyematkan air scoop alias corong yang akan mengalirkan angin ke arah helm pebalap. Harapannya, radiasi panas dari RS-GP bisa teratasi.

Menurut Aleix, pada kondisi cuaca yang panas, radiasi panas dari motor akan naik hingga membuat pebalap kesulitan bernapas. Untuk itu, Aprilia membuatkan solusi untuk mengatasinya.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

"Kami membuat beberapa perbandingan antara berbagai sistem untuk meningkatkan kenyamanan termal di motor dan saya harus berterima kasih kepada Aprilia atas respons cepat mereka, meskipun waktu yang tersedia hanya sedikit," kata Vinales, dikutip dari Crash.net, Sabtu (11/11/2023).

Baca juga: Balik Lagi ke Indonesia, Aleix Espargaro Berminat Tinggal di Bali

"Hari ini suhunya tidak terlalu ekstrem, jadi sulit untuk dievaluasi. Kami akan menganalisis data dan memahami lebih banyak lagi sebelum Sprint Race," kata Vinales.

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023Dok. @maverick12official Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023

Pada seri sebelumnya, Vinales merasakan radiasi panas dari RS-GP cukup hebat. Dia bahkan terpaksa menyudahi balapan lebih awal karena masalah tersebut.

"Masalah ini sudah lama diketahui dan kami tidak bisa menemukan solusinya. Saya sebenarnya tidak pernah menyerah, bahkan saat balapan sepeda gunung, tapi denyut nadi saya mencapai 200," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com