Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Balap Resmi, Bamsoet Minta Pengguna Moge Tidak Arogan di Jalan

Kompas.com - 07/11/2023, 20:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu grup terbesar pecinta motor Harley Davidson Tanah Air, Hogers Indonesia akan menggelar ajang adu kecepatan Harley-Davidson dengan format drag race selama 11-12 November 2023 mendatang di Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang juga dipercayai untuk menjadi pembina Hogers Indonesia berharap adanya kegiatan terkait bisa membuat para pengendara tidak lagi arogan maupun ugal-ugalan di jalan raya.

"Ini adalah suatu acara balap yang tidak biasa. Kalau moge khususnya Harley Davidson itu biasanya dipakai untuk bergaya, tetapi sekarang kita adu ketangkasan berkendaranya, sekaligus menyalurkan hasrat dan energi mereka," kata dia di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Baca juga: Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin Motor, Komponen Bisa Lebih Terawat

Bambang Soesatyo (Bamsoet) di konferensi Pers HI-Drone di Jakarta, Selasa (7/11/2023)KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Bambang Soesatyo (Bamsoet) di konferensi Pers HI-Drone di Jakarta, Selasa (7/11/2023)

"Daripada disalurkan di jalanan umum, kita kanalisasi di arena balap sekaligus juga untuk menyediakan aktualisasi diri mereka masing-masing," lanjut Bamsoet.

Di samping itu, ia juga berharap gelaran yang dinamakan Hogers Indonesia Drag Race of National Event (HI-Drone) ini dapat merangsang sektor kendaraan roda dua nasional.

Tidak sampai di sana, ajang terkait juga dapat membuat usaha kecil dan menengah alias UMKM setempat terangsang kembali.

"Ini membuka kesempatan montir-montir yang selama ini mungkin kena imbas pandemi Covid-19 bisa eksis lagi, spare part yang tidak laku bisa keluar lagi, apparel mulai baju sampai sepatu dan jaket, mudah-mudahan juga dapat tumbuh," kata Bamsoet.

"Pada intinya, kita ingin menghadirkan suatu acara yang mampu mendorong pariwisata di sekitar lokasi dan melibatkan UMKM setempat," tambahnya.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal dan Lokasi Razia Uji Emisi sampai Desember 2023

Balap Harley-Davidsondok.Hogers Balap Harley-Davidson

Adapun balapan ini nantinya akan menggambungkan dua jenis trek sekaligus yaitu 201 dan 402 dengan total panjang sirkuit 900 meter.

"Kami menyadari minat para biker Indonesia, termasuk kami dalam dunia balap. Karena itu diadakan HI-Drone sebagai sarana untuk menyalurkan hobi yang positif dan terarah," kata Direktur Hogers Indonesia, Yudi Djadja.

Sedikitnya saat ini sudah ada 400 perserta yang mendaftar. Semua pengendara sudah memiliki Kartu Izin Start (KIS) yang diperoleh dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Diharapkan sampai acara digelar, total ada 500 peserta yang terlibat.

"Dalam HI-Drone akan ada dua jenis perlombaan secara jarak drag race yaitu Full Track dengan panjang 402 meter sehingga hanya bertanding dalam 1 kelas. Kriteria lain ialah Combat (Combination All Track) dengan panjang 201+402 meter," ujar Suhendro Slamet, Ketua Panitia Pelaksana HI-Drone.

"Soal keselamatan, kita sudah siapkan dengan standar yang ada dan sangat ketat seperti ketersediaan APAR hingga panjang trek yang mumpuni untuk pengereman," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com