Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Subsidi Motor Listrik Masih Tersisa 189.000 Unit

Kompas.com - 07/11/2023, 19:02 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Batas waktu penyaluran sepeda motor listrik subsidi untuk tahun 2023 tersisa sebulan lagi. Dengan waktu yang singkat, kuota motor listrik bersubsidi masih tersedia sangat banyak.

Dilansir dari situs Sisapira.id (Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua) pada Selasa (7/11/2023), sisa kuota subsidi motor listrik tercatat 189.072 unit dari target 200.000 unit sampai akhir 2023.

Secara lebih rinci, sebanyak 5.774 unit sudah masuk dalam proses pendaftaran. Lalu 1.006 unit sudah terverifikasi, dan 4.148 unit telah tersalurkan.

Baca juga: Suzuki GSX-8S Versi Bikini Fairing dan Full Fairing

Pengunjung Jakarta Fair 2023 melakukan cek penerima Subsidi Motor ListrikKOMPAS.com/daafa Pengunjung Jakarta Fair 2023 melakukan cek penerima Subsidi Motor Listrik

Padahal aturan mengenai pembelian motor listrik subsidi kini makin ringkas. Di mana masyarakat hanya dipersyaratkan satu NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tercantum pada KTP untuk setiap pembelian satu unit motor listrik.

Beleid mengenai aturan ini termuat di dalam Peraturan Menteri Perindustrian nomor 21 tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perindustrian nomor 6 tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengaku heran dengan rendahnya penyerapan program subsidi pembelian sepeda motor listrik berbasis baterai senilai Rp 7 juta di Tanah Air.

“Persyaratan sudah dihilangkan ya sebenarnya. Mungkin di antaranya antara eksositem yang belum terbangun masif, ini kan sama dengan ayam dan telur," kata Moeldoko, Senin (6/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com