Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Sudah Raih Gelar Juara BMW M Award 2023

Kompas.com - 06/11/2023, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia masih bersaing ketat dengan Jorge Martin dalam memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2023. Meski demikian, Bagnaia sudah berhasil mengantongi gelar juara lainnya.

Dikutip dari Speedweek.com, Senin (6/11/2023), pebalap tim pabrikan Ducati tersebut sudah mengamankan gelar untuk BMW M Award 2023. Dengan begitu, Bagnaia berhak membawa pulang BMW XM Label Red.

Baca juga: Francesco Bagnaia vs Jorge Martin, Ducati Janji Bakal Adil

Untuk diketahui, BMW M Award sudah diadakan setiap tahunnya sejak 2003 hingga sekarang. Setiap pebalap akan mendapatkan poin sesuai dengan hasil kualifikasi yang dimilikinya.

BMW XM Label Red jadi hadiah untuk BMW M Award 2023Dok. MotoGP BMW XM Label Red jadi hadiah untuk BMW M Award 2023

Sistem poinnya sama seperti balapan utama. Pebalap yang meraih pole position akan dapat 25 poin, posisi start kedua dapat 20 poin, posisi ketiga 16 poin, dan seterusnya.

Pada akhir musim, pebalap dengan jumlah poin terbanyak, berhak mendapatkan hadiah satu unit mobil BMW M. Sejauh ini, Marc Marquez jadi pemegang rekor terbanyak dengan tujuh tahun berturut-turut, sejak 2013 hingga 2019.

Baca juga: Dorna Sports Sediakan BMW XM Label Red buat Pebalap MotoGP Tercepat

Valentino Rossi dan Casey Stoner masing-masing memiliki tiga gelar. Jorge Lorenzo dan Fabio Quartararo dengan dua kemenangan. Lalu, Sete Gibernau dan Nicky Hayden masing-masing mendapatkan satu gelar.

BMW XM Label Red jadi hadiah untuk BMW M Award 2023Dok. MotoGP BMW XM Label Red jadi hadiah untuk BMW M Award 2023

Pada musim 2022, Bagnaia berhasil mendapatkan BMW M pertamanya dengan memenangkan BMW M Award. Musim ini, Bagnaia berhasil mengunci gelar tersebut lebih awal.

Sepanjang musim ini berjalan, Bagnaia sudah meraih enam kali pole position. Setelah mendapat posisi start keenam pada MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram, secara matematika, maka poin Bagnaia tidak terkejar lagi oleh para rivalnya.

Untuk BMW M Award ini, Bagnaia sekarang unggul 76 poin dari Jorge Martin. Tapi, dia masih harus menunggu hingga akhir musim untuk membawa pulang BMW XM Label Red, mobil hybrid pertama dari BMW M.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com