Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rp 6 Miliar, BMW XM Sudah Banyak Dipesan Orang Kaya Indonesia

Kompas.com - 31/08/2023, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Indonesia belum lama ini meluncurkan mobil Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yakni XM, tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2023).

Mobil hybrid berperforma tinggi dari pabrikan otomotif asal Jerman ini dibanderol Rp 5,597 miliar (off the road Jakarta) atau sekitar Rp 6,3 on the road Jakarta. Banderol tersebut memang bisa dibilang cukup fantastis untuk mobil berteknologi hibdira di Indonesia.

Meski dibanderol dengan harga tinggi, Jodie O'tania, Director of Communications BMW Group Indonesia mengatakan, sejak diluncurkan di GIIAS 2023 permintaan konsumen Indonesia terhadap XM sangat positif.

Baca juga: Hyundai Kembangkan Fast Charger Sendiri, Rilis Akhir 2023

“(Dari segi permintaan) Sangat baik. Tapi kita bicara tentang segmen yang berbeda, karena harganya kan di atas Rp 6 miliar, jadi memang memiliki karakteristik yg berbeda,” kata Jodie di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, pada Rabu (30/8/2023).

Meski demikian, Jodie enggan mengungkap terkait angka pemesanan XM, begitu pun dengan jumlah kuota yang tersedia setiap bulannya. Mengingat mobil ini merupakan unit Completely Build Up (CBU) alias diimpor langsung dari negara asalnya yakni Jerman.

BMW IndonesiaKompas.com/Nanda BMW Indonesia

“(Kuota) Cukup. Untuk konsumen yang masih ingin memesan juga bisa, masih ada. Tapi pasti ada jarak waktu untuk menunggunya, ini harus kita cek dulu. Selama unit ready bisa langsung di kirim ke konsumen,” kata Jodie.

Sebagai informasi, BMW XM pertama kalinya dihadirkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2023. Mobil ini merupakan Sport Activity vehicle (SAV) yang mengambil basis dari platform SUV X.

Baca juga: Mobil Listrik Niaga Super Mungil Wuling E10

Pada dapur pacunya, BMW XM dibekali dengan mesin 4.4 L twin-turbo V8. Mesin tersebut dikombinasikan dengan motor elektrik. Total tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 653 tk pada 5.400 rpm dan torsi 800 Nm pada 1.600 rpm.

PHEV dari BMW ini dapat melaju hingga 85 kilometer dengan tenaga listrik sepenuhnya. Kapasitas baterainya sendiri hanya 27,5 kWh. Mesin BMW XM dipadukan dengan sistem transmisi M Steptronic 8-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com