Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Kejadian Honda Brio Tabrak Pengunjung Mal di Semarang

Kompas.com - 06/11/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini viral di media sosial video yang memperlihatkan mobil Honda Brio menabrak beberapa pengunjung dan eskalator mal.

Diketahui mobil tersebut merupakan unit yang sedang dipamerkan di Mall Paragon Semarang, Jawa Tengah. Honda Brio berwarna kuning itu mendadak tergelincir dan baru berhenti setelah menabrak eskalator hingga mengalami kerusakan di bagian pintu pengemudi.

Rekaman kejadian itu pun viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @portalsemarang.

Baca juga: Permintaan Kendaraan Listrik Kurang, Podusen Mau Kurangi Produksi

Kepala Kepolisian Sektor Semarang Tengah Kompol Indra Romantika mengungkapkan, kejadian bermula saat seorang staf pemasaran sedang menerangkan kepada pengunjung mengenai mobil bertipe manual.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BERITA SEMARANG (@portalsemarang)

Ketika sedang menerangkan, staf tersebut berada dalam mobil sambil mempraktikkannya. Saat dinyalakan, diduga masih masuk gigi mobil. Brio itupun tergelincir dan menabrak beberapa pengunjung mal.

“Mobil itu memutar karena lantai licin dan mobil tergelincir ke tengah. Kondisi mobil posisi hand rem dan masuk gigi,” ucap Indra, dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/11/2023).

Laju mobil baru bisa berhenti setelah menabrak dua eskalator mall. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Belajar dari kejadian tersebut, pemilik kendaraan harus memastikan saat parkir mobil manual posisi tuas transmisi yang benar adalah di netral bukan masuk ke salah satu gigi.

“Bahaya kalau posisi gigi masuk, karena bisa saja lupa menetralkan saat menyalakan mobil sehingga bisa saja mobil lompat,” ucap Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre.

Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT
APHIT McKlein Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT

Mobil yang lompat ini sangat berbahaya karena rawan menabrak, apalagi jika parkir di turunan atau tanjakan kendaraan lebih rawan bergerak di luar kendali.

Selain mobil yang bisa melompat, ada komponen mesin yang rusak karena menyalakan mesin dalam keadaan gigi transmisi masuk. Gigi motor starter dan flywheel bisa jadi korbannya karena menahan beban berlebih.

Baca juga: Bahaya, Jangan Menyalip Kendaraan di Tanjakan

Maka dari itu, untuk mobil manual, jika parkir harus memastikan transmisinya sudah dalam posisi netral, kemudian gunakan rem tangan. Jika rem tangan sudah melemah, bisa dibantu dengan mengganjal roda kendaraan, bukan memasukkan gigi transmisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com