Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Crown Meluncur, Pakai Mesin Ramah Lingkungan

Kompas.com - 03/11/2023, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation resmi meluncurkan Crown jenis sedan di Jepang. Mobil ini hadir dengan dibekali mesin ramah lingkungan hasil elektrifikasi.

Dikutip dari Global.toyota, Jumat (3/11/2023), Toyota hanya menawarkan dua pilihan mesin untuk Crown, yakni mesin hybrid dan mesin hidrogen. Tidak ada lagi pilihan mesin konvensional.

Toyota Crown sedanDok. Toyota Toyota Crown sedan

Baca juga: Toyota Pamerkan Crown Bermesin Hidrogen Pertama Kali

Untuk Crown bermesin hidrogen alias Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Toyota mengandalkan mesin yang sama seperti pada Mirai. Ketiga tiga tangki dalam kondisi penuh, jarak tempuhnya diklaim mencapai 820 Km.

Toyota Crown sedan HEVDok. Toyota Toyota Crown sedan HEV

Untuk pengisian hidrogen cair tersebut juga diklaim hanya butuh waktu tiga menit. Mobil ini juga bisa menjadi sumber energi untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik rumahan.

Sementara untuk mesin hybrid, Crown sedan dibekali mesin berkapasitas 2.5 L, multi stage hybrid system yang mengandalkan dua motor listrik. Crown sedan HEV maupun FCEV juga menggunakan sistem penggerak roda belakang.

Toyota Crown sedan FCEVDok. Toyota Toyota Crown sedan FCEV

Baca juga: Bahas Model Flagship Terbaru, Toyota Crown Crossover

Dengan sistem tersebut, memungkinkan mesin untuk menghasilkan output maksimum hanya pada 43 kilometer per jam, bukan 140 kilometer per jam.

Putaran mesin tetap rendah pada kecepatan tinggi, sehingga membantu mengurangi kebisingan dan konsumsi bahan bakar.

Interior Toyota Crown sedanDok. Toyota Interior Toyota Crown sedan

Selain fokus pada efisiensi bahan bakar, Toyota juga mengutamakan kenyamanan penumpang. Crown sedan dibekali dengan suspensi adaptif yang membuat mobil melaju dengan mulus. Selain itu, kendaraan elektrifikasi ini juga dilengkapi dengan beragam fitur canggih lainnya.

Toyota Crown sedan di Jepang dibanderol 7,3 juta yen Jepang atau sekitar Rp 760 jutaan untuk tipe HEV. Sedangkan tipe FCEV, dipasarkan dengan 8,3 juta yen Jepang atau sekitar Rp 860 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com