Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Jagokan Jorge Martin Jadi Juara Dunia MotoGP 2023

Kompas.com - 24/10/2023, 16:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez mengaku, menjagokan Jorge Martin untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2023 meski masih belum berpengalaman bila dibandingkan para pesaingnya.

Hal tersebut dikarenakan pebalap yang membela tim Prima Pramac ini terus tampil apik pada musim 2023. Bahkan sempat mengancam posisi Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) selaku juara bertahan.

Namun anti-klimaks pada GP Australia 2023 menjadikannya sebagai pelajaran penting bagi Martin untuk semakin besar pada laga ini.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Lokasi Parkir yang Terapkan Disinsentif Tarif

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri), membayangi pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, pada sesi Kualifikasi 2 MotoGP Mandalika 2023 yang digelar di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (14/10/2023). Artikel ini berisi jadwal MotoGP Australia 2023.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO S Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri), membayangi pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, pada sesi Kualifikasi 2 MotoGP Mandalika 2023 yang digelar di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (14/10/2023). Artikel ini berisi jadwal MotoGP Australia 2023.

"Berbicara MotoGP Australia 2023, saya paham bahwa dengan ban medium saya dapat finis pada kisaran posisi ke-10, tepatnya posisi 11. Andai saja memakai ban yang lebih soft, saya yakin bisa bersaing di partai atas," kata Marc dilansir Crash.net, Rabu (24/10/2023).

"Tahun lalu, dengan ban tersebut saya bisa menaklukkan balapan. Tapi kali ini, tidak berjalan seperti itu. Itulah pertaruhan dan memang ini pilihan saya meski disesali," kata Marc lagi.

Dengan pembelajaran tersebut, Marc yakin bahwa Martin bakal semakin berhati-hati seraya tidak menurunkan agresifitasnya di sirkuit. Sehingga dia menjadi pebalap yang berpotensi untuk merebut gelar juara dunia.

Baca juga: Ini 7 Variasi Pelat Nomor yang Menjadi Incaran Polisi

Jorge MartinInstagram @89jorgemartin Jorge Martin

"Sebelumnya dia tidak merasakan dalam persaingan untuk gelar juara dunia, jadi lumrah jika dia melakukan kesalahan," kata Marc.

Diketahui, persaingan perebutan juara dunia MotoGP 2023 antara Bagnaia dan Martin jelang partai penutup sangat ketat. Namun kesalahan Martin dalam GP Australia 2023 membuat jarak poin antar keduanya melebar, yakni selisih 27 poin.

Padahal kala itu, Martin mampu menungguli seluruh pesaingnya hingga 25 lap. Apes, jelang finis ia lantas dibalap hingga hanya mampu finish di posisi ke-5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com