Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarangan, Pasang Dashcam Sebaiknya di Bengkel Spesialis

Kompas.com - 23/10/2023, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi konsumen yang hendak memasang aksesori dashcam atau kamera mobil, ada anjuran penting yang sebaiknya diperhatikan.

Anjuran ini berkaitan dengan proses instalasi alias pemasangan, yang tidak boleh dilakukan sembarangan dan asal-asalan.

Jika konsumen cuek dan memasang secara otodidak atau di bengkel kurang pengalaman, hal itu dikhawatirkan memunculkan risiko-risiko lain yang justru bisa membahayakan mobil.

Tedy Junaidi, Owner Bengkel Spesialis Niki Motor menjelaskan, risiko yang dimaksud bisa berupa korsleting atau arus pendek, bahkan mobil terbakar.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan

Dashcam Mobil bisa membantu pengemudi dalam menghindari konflik dan modus penuduhan di jalanFlickr/CarNager Dashcam Mobil bisa membantu pengemudi dalam menghindari konflik dan modus penuduhan di jalan

“Kalau aksesori itu hubungannya dengan kelistrikan memang enggak boleh main-main. Jujur saja, ada keliru ngurut (mengatur) kabel sedikit saja, risikonya fatal,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Senin (23/10/2023).

Tedy menjelaskan, inisiatif memasang sendiri biasanya dilakukan oleh konsumen yang membeli dashcam dari online shop, dengan tujuan mencari harga terendah.

Membeli produk murah dari online shop tentunya sah-sah saja, karena itu juga hak konsumen. Namun perihal pemasangan, Tedy sangat menganjurkan konsumen untuk mendatangi bengkel spesialis.

“Kalau hasil akhirnya tidak sesuai pengharapan dan langsung buat statement ‘pasang dashcam itu bahaya’, kan justru lebih keliru. Jadi buat amannya ya, tolong datang ke bengkel spesialis saja, yang memang sudah paham,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com