Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Suku Cadang Kaki-kaki Ford Ranger

Kompas.com - 23/10/2023, 11:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ingin pelihara Ford Ranger mesti siap dengan harga suku cadangnya. Spareparts mobil keluaran Amerika Serikat (AS) ini punya banderolnya lebih tinggi jika dibandingkan mobil serupa keluaran Jepang.

Edi Artanto, kepala bagian suku cadang bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan, memberikan gambaran biaya kaki-kaki untuk Ranger model tahun 2012 ke atas.

Baca juga: Banyak Pelat Dinas Palsu Dijual Bebas di Online, Harus Ditindak Tegas

"Kalau kita bicara orisinal untuk Ranger model 2012. Ball joint satu sisi Rp 800.000 dan perlu dua, tie rod harga pastinya kita mesti cek tapi harganya sekitar segitu Rp 700.000-Rp 800.000," kata Edi kepada Kompas.com, pekan lalu.

Ford Ranger punya tampilan yang kekar dan gagah, namun pandangan masyarakat menilai sulit merawat mobil keluaran Amerika Serikat ini karena suku cadangnya mahal.KOMPAS.com/Gilang Ford Ranger punya tampilan yang kekar dan gagah, namun pandangan masyarakat menilai sulit merawat mobil keluaran Amerika Serikat ini karena suku cadangnya mahal.

"Jadi memang luar biasa, tipenya dia itu ada ball joint atas dan ball joint bawah. Beda harganya. Ball joint bawah harganya lebih mahal hampir Rp 900.000," ujar Edi.

Edi tak menampik bahwa harga kaki-kaki Ranger cukup menguras kantung. Namun dia mengatakan, jika konsumen merasa terbebani harga suku cadang asli bisa membeli produk aftermarket.

"Misal kaki-kaki dia memang mahal, seperti tie rod, long tie rod, ball joint, sokbreker memang mahal, tapi paling tidak ada aftermarketnya, opsi kedua, KW kalau kita bilang," katanya.

"Ada juga brand Thailand, Taiwan ada tapi memang kualitasnya jauh dari yang orisinal," ujar Edi.

"Kalau ditanya opsinya KW ada, kisarannya Rp 300.000 lebih murah dari separuhnya," ujar Edi.

Baca juga: Alasan China Akan Batasi Ekspor Bahan Baku Baterai EV

Bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan, KOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan,

Jeffry Tjoeng, pemilik Union Motor, toko spesialis suku cadang Ford dan Mazda di Mega Glodok Kemayoran (MGK) Jakarta, mengatakan, permasalahan pengguna Ford Ranger dan Everest biasanya memang terletak di kaki-kaki.

"Biasanya kaki-kaki kebanyakan, karena di Indonesia kan jalan tidak ada yang benar ya jadi kaki-kaki paling banyak," ujar Jeffry kepada Kompas.com.

Baca juga: Tips Merawat Power Steering Mobil Agar Lebih Awet

Suku cadang yang banyak dicari ialah bushing dan sebagainya. Harganya kata Jeffry cukup mahal, namun para pengguna Ranger dan Everest sudah tahu resikonya.

"Harganya sebetulnya tidak tentu sekarang. Bushing-bushing arm itu bisa Rp 1 juta-Rp 2 juta dapat empat, itu bushing arm atas dan bawah, ball joint juga bisa diganti per parts," kata Jeffry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com