Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Blok M Bakal Direvitalisasi Mulai 2024

Kompas.com - 22/10/2023, 08:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Terminal Blok M direncanakan akan segera mengganti wajah dengan melakukan revitalisasi yang dicanangkan pada 2024.

Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Terminal Bus Blok M, Joni Budhi mengatakan, terminal bus tipe B di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tersebut nantinya akan dibuat menjadi lebih modern, guna memfasilitasi kemudahan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. 

" Revitalisasi Terminal Blok M akan dilakukan pada 2024, namun untuk pastinya masih dibicarakan dengan pihak-pihak yang terkait. Tentunya secara desain sudah, tapi saya tidak ada kapasitas untuk menjelaskan lebih rinci. Tentunya akan jadi terminal yang lebih modern," kata Joni kepada Kompas.com, Kamis (19/10/2023).

Baca juga: Rawat Transmisi Matik, Efektif Flushing atau Body Control Valve?

Nantinya, rencana dari revitalisasi area Terminal Blok M akan dibuat menjadi kawasan transit oriented development (TOD) yang dilengkapi penyediaan hunian terjangkau, penyediaan ruang publik hingga integrasi antarmoda.

Bus Mayasari Bakti di Terminal Blok MKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Mayasari Bakti di Terminal Blok M

Baca juga: Soal Xpander Hybrid, Ini Kata Mitsubishi Indonesia

Terminal Blok M sendiri hingga saat ini masih menjadi lintasan yang punya peranan krusial dalam layanan bus kota. Apalagi, layanan bus Transjakarta punya beberapa rute yang melintasi Terminal Blok M.

Maka dari itu, terkait pengerjaan revitalisasi nantinya, Joni mengatakan ada kemungkinan tidak akan ada penutupan aktivitas transportasi umum di area tersebut. Akan ada pertimbangan untuk mengalihkan rute kendaraan ke arah lain selama masa revitalisasi. 

"Dengan revitalisasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat menuju berbagai tempat yang berlokasi di sekitar Terminal Blok M menggunakan kendaraan umum," kata Joni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com