Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Bawa Truk Masa Depan yang Ramah Lingkungan di JMS 2023

Kompas.com - 23/10/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya mobil dan sepeda motor, ajang Japan Mobility Show (JMS) di Tokyo Big Sight, Jepang, yang berlangsung pada 26 Oktober sampai 5 November 2023 juga menjadi tempat bagi pemain kendaraan komersial menunjukkan inovasi terbarunya.

Salah satunya Isuzu Motor Limited yang akan membawa truk masa depan dengan kecanggihan teknologi serta pastinya ramah lingkungan. Hal ini selaras dengan tema yang diambil, yakni Innovation For You:Accelerate The Future of Transport, yang merefleksikan komitmennya menyongsong masa depan.

Menempati booth di East Hall 1 (EC01), Isuzu siap menampilkan deretan truk tangguh dan ramah lingkungan. Mulai dengan Giga Fuel Cell yang untuk pertama kalinya muncul di hadapan publik pada JMS 2023.

Baca juga: Siap Debut di JMS 2023, Intip Minivan Imut Toyota Kayoibako

Truk kategori heavy duty ini datang menggunakan teknologi hydrogen yang diubah menjadi sel bahan bakar. Menariknya, kendaraan komersil ramah lingkungan ini merupakan hasil kolaborasi Isuzu dan Honda yang telah dikembangkan sejak 2020.

Isuzu Giga Fuel Cell HydrogenDok. Isuzu Isuzu Giga Fuel Cell Hydrogen

Isuzu ELF EV juga akan muncul perdana di JMS 2023 yang merupakan model pertama dari ELF listrik dengan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV). Untuk platform, model ini sama dengan ELF terbaru atau dikenal sebagai N-Series Full Model Change.

Selain itu, Isuzu ELFmio juga akan diperkenalkan sebagai model light-duty truck yang dirancang khusus agar mudah dikendarai oleh pengemudi yang memiliki SIM standar di Jepang.

Inisiatif ini dilakukan Isuzu sebagai upaya memperluas kesempatan kerja pengemudi truk, sekaligus merespon terhadap kekurangan pengemudi truk di Jepang akibat angkatan kerja yang menua.

Baca juga: Soal Patokan Ganti Oli Mesin, Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak?

Pada JMS 2023, Isuzu juga menawarkan program bernama EVision, yang merupakan solusi dalam membantu konsumen mencapai netralitas karbon dengan berbagai cara.

Selaras dengan tema di JMS 2023 yang mengusung keunggulan Isuzu dalam berinovasi, hal ini yang juga selalu diterapkan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai agen pemegang merek (APM) di Indonesia, yang memproduksi untuk kebutuhan pasar dalam dan luar negeri.

Tak hanya itu, PT IAMI juga memiliki jaringan jasa penjualan, perawatan, dan perbaikan kendaraan dengan cakupan seluruh Indonesia. Sedangkan dari sisi produk, ada dua kategori yang dimiliki, yakni commercial vehicle (CV) dan light commercial vehicle (LCV).

Adapun untuk CV jajaran produknya terdiri dari medium pikap Isuzu Traga, light truck Isuzu Elf, dan medium truck Isuzu Giga. Sementara LCV ada D-Max dan mu-X.

Baca juga: Soal Xpander Hybrid, Ini Kata Mitsubishi Indonesia

Yusak Kristian Solaeman, President Director PT IAMI mengatakan, jajaran produk di Indonesia selalu mengikuti permintaan pasar namun di satu sisi juga siap dengan teknologi apapun, termasuk teknologi elektrifikasi di kendaraan niaga Isuzu.

Isuzu ElfmioDok. Isuzu Isuzu Elfmio

"Melalui semangat dan kerja keras, kami bertransformasi dan senantiasa memberikan solusi produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Isuzu Partner. Hal ini sejalan dengan tagline besar kami, yaitu ingin menjadi partner sejati dalam setiap perjalanan yang customer kami lalui," ucap Yusak dalam keterangan resminya, Minggu (22/10/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com