Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Booth Toyota di JMS 2023, Upaya Penuhi Kebutuhan Mobilitas

Kompas.com - 13/10/2023, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motors Corporation memastikan diri untuk ikut berapartisipasi dalam salah satu pameran otomotif paling bergengsi, Japan Mobility Show (JMS) yang dihelat mulai 26 Oktober 2023 mendatang.

Merupakan re-branding dari Tokyo Motor Show (TMS), perseroan akan menghadirkan sejumlah aspek menarik yang lebih luas, sarat akan inovasi teknologi mobilitas yang lengkap bagi semua orang.

"JMS merupakan suatu pameran yang jauh berbeda dari yang sudah kami lakukan sebelumnya. Memang ini merupakan re-brand dari TMS, tetapi fundamentalnya berbeda dengan spektrum yang lebih luas," kata Executive Vice President People & Businesss Transformation Group Toyota Asia Regional Office, Pras Ganesh dalam konferensi pers, Kamis (12/10/2023).

Baca juga: Tips Mengemudi Jarak Jauh bagi Wanita

Toyota di Japan Mobility Show 2023dok.TMC Toyota di Japan Mobility Show 2023
 

Pada TMS atau nama pameran sebelumnya, lanjut Pras, masih menggunakan 'Tokyo' sebagai cangkupannya. Sekarang, memakai kata 'Jepang' sehingga penggambaran spektrumnya jauh lebih luas.

Kemudian, ada perubahan pada kata kedua yaitu dari 'Motor' menjadi 'Mobility'. Membuat visi atau fokusan pameran tidak hanya soal produk kendaraan saja tetapi bagaimana untuk dapat menghadirkan gambaran kemudahan mobilitas di masa depan.

"Yang kita tahu, Jepang merupakan salah satu pemain utama pada sektor otomotif di Asia. Sehingga melalui pameran ini, kita akan memperlihatkan bagaimana Jepang secara berkelanjutan untuk berkontribusi terhadap mobilitas," kata Pras.

"Adapun perubahan kata Mobility dari Motors, artinya akan lebih mengarah bagaimana suatu kendaraan mampu menjangkau seluruh masyasrakat untuk memudahkan mobilitasnya. Jadi bisa dikatakan, bagaimana suatu produk bisa untuk semua orang," ucap dia.

Baca juga: Cuci Mobil Robot dengan Tenaga Manusia, Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi Toyota IMV 0 ConceptDok. Autocar India Ilustrasi Toyota IMV 0 Concept
 

Seiring dengan hal tersebut, Toyota akan membawa para pengunjung JMS 2023 ke booth yang sangat megah dan modern, yang bertemakan "Let's Change the Future of Cars - Find Your Future."

Di sana, pengunjung dapat menikmati pertunjukan panggung di seluruh area, termasuk musik dan tarian. Adalagi area simulator untuk mengundang para pengunjung mencoba mobil balap mereka secara virtual.

Kemudian ada NEO Steer Driving Experience, dimana Toyota akan mengajak pengunjung untuk merasakan pengalaman mengendarai kendaraan tanpa pedal gas dan pedal rem.

Beberapa model bersejarah juga akan tampil dalam booth Toyota, seperti halnya model baru Century dan seri Crown yang disandingkan bersama mesin-mesinnya.

Baca juga: Subaru Siap Pamerkan Mobil Konsep Sport Elektrik

 

Meski begitu, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai detail mobil apa saja yang akan dipajang Toyota di JMS 2023. Desas desusnya, ada mobil listrik dengan platform generasi baru yang akan diluncurkan.

“Model terbaru yang bakal meluncur di 2026, akan dibangun pada tiga body dan sasis, electronic platform, dan perangkat lunak. Kami akan memperkenalkannya di JMS tahun ini,” kata Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation (TMC), Koji Sato dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com