Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Jaga Cat Mobil Tidak Pudar

Kompas.com - 19/10/2023, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil yang mulus dan mengilap menjadi dambaan banyak orang. Maka dari itu, penting bagi para pemilik untuk merawat tampilannya agar nilai estetik tetap terjaga.

Salah satunya melakukan pengecatan pada body kendaraan. Selain itu, jika kendaraan terjadi benturan, bisa juga dilakukan perbaikan untuk mengembalikan seperti kondisi semula.

Isaac, pemilik bengkel modifikasi bernama JAC Garage, yang berlokasi di Simpang Bandara Lama, Kota Palembang mengatakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kilau cat mobil.

Baca juga: Kredit Motor Honda Sempat Turun, Begini Penjelasan FIF

“Pertama karena kita tinggal di negara tropis diusahakan mobil tidak terjemur terlalu lama di luar ruangan, karena walaupun kita pakai barang atau bahan sebagus apapun kalau terlalu lama dijemur di luar ruangan pasti akan pudar, warnanya akan kusam terutama pada bagian atap dan kap mesin,” ucap Isaac belum lama ini kepada Kompas.com.

Menurut Isaac, kalau mobil dijemur di luar ruangan dalam waktu yang lama, bisa memperpendek usia tampilannya, dan warna cat menjadi pudar.

ilustrasi parkir mobil pararelwww.rgj.com ilustrasi parkir mobil pararel

“Seharusnya bertahan lima tahun, tapi karena dijemur, dua tahun sudah pudar. Jadi usahakan mobil ditaruh di garasi,” kata Isaac.

Isaac juga menyarankan pemilik kendaran agar memperhatikan saat mencuci mobil.

Baca juga: Simak 7 Tips Aman Membawa Anak Naik Mobil

“Usahakan pada saat mencuci mobil itu disiram semua terlebih dahulu, agar kerikil atau pasir di bodi mobil hilang, karena bisa menyebabkan bodi mobil lecet,” ujar Isaac.

“Usahakan setiap enam bulan sekali itu ke salon mobil untuk melakukan detailing agar jamur-jamur di bodi mobil hilang secara berkala. Kalau pemilik merasa kurang mengilap, bisa naik lagi menjadi keramik coating supaya menjaga permukaan atau clear coat dasar pada mobil,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com