Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Dempul yang Bagus Saat Bodi Mobil Penyok, Tidak Mudah Pecah

Kompas.com - 16/10/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Banyak jenis dan merek dempul dijual di pasaran sehingga setiap konsumen memiliki banyak pilihan, bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Perlu diketahui dempul biasanya dibutuhkan ketika mobil mengalami penyok akibat senggolan. Berkat dempul, maka bekas senggolan bisa kembali menjadi rata baru dilakukan pengecatan.

Maka dari itu konsumen harus tahu karakter dempul yang bagus agar tidak bingung dalam memilihnya di pasaran.

Baca juga: Beda Dempul Warna Kuning dan Hijau yang Dipakai Bengkel Bodi Repair

Alfaglos produk dempul lokal dari SemarangTangkapan layar Alfaglos produk dempul lokal dari Semarang

Creative Marketing Manager Alfaglos, Edwin Saputra mengatakan pihak produsen berupaya membuat dempul yang bagus, salah satunya dimiliki oleh Alfaglos.

Dempul yang bagus selain mudah dibentuk saat pengaplikasian, dia juga bisa mengeras ketika sudah kering karena sebagai pelindung, sebagai karakter tambahan dia harus bisa elastis, ini menjadi ciri dempul yang bagus,” ucap Edwin kepada Kompas.com dalam acara Kustomfest 2023, Sabtu (7/10/2023).

Selaku salah satu sponsor acara Kustomfest 2023, Alfaglos menjadi produk yang digunakan sebagai material saat membangun Gagak Rimang; sebuah mobil yang menjadi hadiah undian bagi pengunjung.

Baca juga: Bahaya Getah Pohon dan Kotoran Burung, Bikin Cat Mobil Memar

Dempul mobil untuk menambal bodi mobil sebelum dicat.KOMPAS.com/Gilang Dempul mobil untuk menambal bodi mobil sebelum dicat.

Sebagai produk lokal dari Semarang sejak 1994, tentunya Alfaglos tidak kalah saing dengan produk lain buktinya mampu menciptakan dempul yang berkarakter bagus. Bahkan jika dibandingkan dengan produk impor yang mahal sekali pun.

“Jika ada dempul yang pecah ketika bodi mobil penyok, itu menjadi tanda bahwa dempul yang digunakan tidak bagus karena tidak memiliki sifat elastis,” ucap Edwin.

Dalam memadukan kedua sifat yang bertolak belakang yakni keras dan elastis pada produk dempul, tentu itu menjadi sebuah keunggulan. Dengan demikian bodi mobil saat penyok bisa diperbaiki sementara dengan mengembalikan bentuknya seperti semula tanpa takut catnya pecah.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Bodi Mobil yang Penyok dan Lecet

Edwin mengatakan Alfaglos sendiri menjadi produk lokal yang saat ini sudah melakukan ekspor ke berbagai negara Asia seperti Bangladesh dan Vietnam. Saat ini juga sedang menjajakan produknya di Malaysia dan Singapura.

"Dempul yang bagus juga memperhatikan beratnya, dempul yang bagus itu yang ringan sehingga tidak menjadi beban kendaraan yang bisa mengganggu performa, makanya ada batas maksimal ketebalan dempul juga," ucap Edwin.

Selain itu, dempul juga wajib memiliki daya rekat yang kuat untuk ketahanan bodi mobil, menurut Edwin dempul yang bagus mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Baca juga: Cara Maksimalkan Tampilan Bodi Mobil dengan Paket Lengkap

"Jika pengaplikasiannya baik dan benar, dijamin usia 5 sampai 10 tahun tidak ada masalah," ucap Edward.

Edwin juga mengatakan setiap mobil, sebelum dilakukan pengecatan pasti dilapisi dengan dempul agar hasilnya optimal. Maka dari itu, kualitas dempul menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com