Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkontribusi 42 Persen, Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Makin Tumbuh

Kompas.com - 14/10/2023, 10:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat 42 persen dari penjualan untuk kategori mobil penumpang pada September 2023 didominasi produk hybrid.

Jumlah tersebut diklaim hampir setengah dari keseluruhan total penjualan mobil penumpang Suzuki bulan lalu di Indonesia.

Selain itu, pencapaian ini juga menjadi sinyal positif dari tingginya kesadaran masyarakat beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan, serta bertambahnya kepercayaan terhadap teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Randy R Murdoko, Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT SIS mengatakan, masyarakat saat ini sudah mulai memilih kendaraan hybrid yang dianggap punya banyak keuntungan dan dapat diandalkan dalam penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Belum Meluncur, Mitsubishi XForce Sudah Raih Penghargaan di Vietnam

"Efisiensi konsumsi bahan bakar jadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil, dan banyak masyarakat yang tertarik dengan cara kerja teknologi SHVS yang tangguh untuk menopang aktivitas sehari-hari konsumen," ucap Randy dalam keterangan resminya, Jumat (13/10/2023)

Redaksi Kompas.com menjajal Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Redaksi Kompas.com menjajal Suzuki XL7 Hybrid

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), kategori mobil penumpang Suzuki menyumbang 50 persen dari total penjualan ritel pada September lalu.

Total, Suzuki saat ini memiliki delapan model yang dipasarkan untuk segmen mobil penumpang dan tiga diantaranya memiliki pilihan varian hybrid, yakni Ertiga, XL7, dan Grand Vitara

Komposisi kontribusi, dari total penjualan Ertiga secara keseluruhan, varian hybrid mencapai 59 persen, XL7 Hybrid 61 persen, dan Grand Vitara yang seluruhnya sudah bertipe hybrid.

Untuk Grand Vitara yang juga menggunakan teknologi mild-hybrid, pada September lalu mengalami peningkatan penjualan sebesar 15 persen dibanding Agustus 2023.

"Kami yakin penjualan kendaraan hybrid Suzuki akan terus meningkat sejalan dengan keyakinan konsumen akan ketahanan mesin, baterai, dan kualitas produk secara menyeluruh," katanya.

Baca juga: Ada 121 Lokasi Uji Emisi di DKI, Bisa Tilang di Tempat

Selain kendaraan penumpang, kontribusi penjualan Suzuki juga berasal dari segmen komersial melalui Carry. Mobil niaga ringan ini mengalami peningkatan 50 persen dibanding bulan sebelumnya.

Suzuki Grand Vitara SHVSKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki Grand Vitara SHVS

Menariknya, porsi penjualan kendaraan hibrda Suzuki di Indonesia 87 persen dikuasi produk yang diraktik lokasl di Cikarang, Jawa Barat.

"Penjualan kendaraan hybrid Suzuki yang meningkat mendorong kami untuk terus berusaha menghasilkan produk tangguh dan modern, serta harga dan pelayanan terbaik guna menghadirkan kendaraan yang sesuai kebutuhan konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com