Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara agar Tidak Ditipu Saat Beli Tiket Bus AKDP

Kompas.com - 11/10/2023, 12:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat naik layanan bus antarkota dalam provinsi (AKDP), biasanya  penumpang bisa membeli tiket di atas bus. Maka dari itu, hal ini kerap dimanfaatkan oleh sejumlah oknum atau kru bus yang curang dengan mematok harga yang tidak sesuai dengan tarif dari perusahaan otobus (PO). 

Yusuf, salah satu sopir PO MGI, mengatakan, sebaiknya saat penumpang hendak naik layanan bus tersebut bisa mencari tahu dulu ke agen penjualan tiket. Dengan begitu, saat beli tiket dari kru saa naik bus sudah tahu harga aslinya. Atau bisa juga beli tiket langsung di agen PO.

"Tapi beberapa PO saat ini sengaja memasang harga tiket bus AKDP di dalam kabin bus, sehingga penumpang tahu nominal yang harus dikeluarkan untuk membeli tiket. Dengan mengetahui harga tiket, tentunya penumpang akan terhidar dari kecurangan kru bus," kata Yusuf kepada Kompas.com, Senin (9/10/2023). 

Baca juga: Bos Ducati Sebut Tak Ada Team Order Buat Martin dan Bagnaia

Beda dengan layanan bus AKAP yang mana harga tiketnya kerap berubah-ubah dalam waktu yang cepat, untuk harga tiket bus AKDP biasanya akan stabil. 

Tarif tiket bus AKDP hanya akan alami perubahan dalam kondisi tertentu saja, misalnya libur Lebaran. Nantinya tarif akan kembali normal. Oleh karena itu, apabila saat beli tiket di atas bus dengan harga yang tinggi harus dicurigai. 

Informasi Tarif Tiket bus PO MGIKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Informasi Tarif Tiket bus PO MGI

Baca juga: Bos Ducati Sebut Tak Ada Team Order Buat Martin dan Bagnaia

"Pada saat beli tiket atau karcis dari kru di atas bus sebaiknya minta kertas karcisnya. Namun, apabila PO tidak menyediakan karcis, pastikan harga tiket sama seperti informasi tarif yang ditempel di dalam bus," kata Yusuf. 

Menurut Yusuf, layanan pembelian tiket dari kru bus saat di dalam kabin sudah ada sejak lama. Cara ini untuk memudahkan penumpang yang ingin beli tiket dengan praktis. Namun, beberapa PO kini juga sudah mulai menjual tiket bus AKDP secara online. 

"Bus AKDP PO MGI saat ini juga sudah punya aplikasi sendiri, jadinya penumpang bisa beli tiket secara online dan aman lantaran terhindar dari aksi penipuan harga tiket," kata Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com