Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Modifikasi Motor Kustom Chopper

Kompas.com - 11/10/2023, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kustom motor tidak ada batasnya, setiap builder bisa saja merombak motor sesuai dengan keinginan dan gaya yang sedang tren.

Salah satu tren motor kustom adalah aliran Chopper dengan karakter motor ramping, stang tinggi menjulang roda depan berdiameter besar serta tempat duduk rendah.

Pada gelaran Kustomfest 2023, ada banyak inspirasi untuk dapat memodifikasi motor beraliran Chopper. Mulai dari basis motor yang kapasitasnya rendah, sedang dan besar seperti Harley Davidson.

Baca juga: Daftar Lengkap Motor dan Mobil Kustom Terbaik di Ajang Kustomfest 2023

Tangki BBM pada motor ChopperKompas.com/Erwin Setiawan Tangki BBM pada motor Chopper

Hery, Pemilik Mika Motorcycles Depok, Jawa Barat mengatakan ada beberapa karakter pada motor dengan aliran Chopper, salah satunya bentuk tangki BBM-nya.

“Bentuk tangki itu terinspirasi dari builder Amerika, Mark Drew membuat tangki dan spakbor seperti bentuk ikan, karena dia suka memancing,” ucap Hery kepada Kompas.com, Minggu (8/10/2023).

Tangki motor berbentuk sedemikian rupa, dan mengandung corak unik penuh warna membuat motor ini cukup menarik untuk dijadikan inspirasi.

Baca juga: Replika Porsche Janis Joplin Ramaikan Kustomfest 2023

Tangki BBM pada motor ChopperKompas.com/Erwin Setiawan Tangki BBM pada motor Chopper

“Itu teknik pengecatannya namanya ‘crack’, jadi berupa pattern menyerupai pecahan, yang ditutup dengan cat bening, seakan kasar tapi ketika disentuh halus,” ucap Hery.

Selain bentuk tangki, Hery mengatakan motor yang mejeng di Kustomfest 2023 sudah banyak mengalami ubahan.

Mulai dari rangka, suspensi dan bentuk joknya, tidak ada yang orisinal bawaan Harley Davidson. Karena pada dasarnya, kustom motor Chopper itu membuat sebuah motor menjadi lebih ringkas dan ringan.

“Rangkanya itu bikinan sendiri dengan model straight light, peredam kejutnya itu juga spesial dan langka milik Barney Banson, sementara joknya juga dari merek Amerika, bernama Bear, tapi sekarang sudah tutup” ucap Hery.

Baca juga: Pria Asal Kendal Dapat Lucky Draw Pikap Flat Deck Kustomfest 2023

Chopper pada Kustomfest 2023Kompas.com/Erwin Setiawan Chopper pada Kustomfest 2023

Sehingga, selain memiliki bentuk dan gaya retro, motor yang dibawa Hery ini termasuk dalam motor langka. Sehingga, akan membuat penggunanya makin percaya diri.

Dia juga mengatakan motor tersebut menggunakan mesin Harley Davidson Pan-shovel tahun 1970-an untuk menunjang performa motor.

“Motor ini untuk dipakai sendiri aja, tidak dijual, karena memang saya menyukainya,” ucap Hery.

Tidak hanya membawa satu motor dalam acara Kustomfest 2023, Hery membawa 2 motor lainnya yang juga dibangun oleh bengkelnya di Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com