Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Memastikan Tolak Tawaran kalau Marquez Mau CLBK

Kompas.com - 10/10/2023, 09:32 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Marc Marquez resmi berpisah dari Honda pada akhir musim 2023.

Rider asal Spanyol itu diyakini bakal pindah ke tim Gresini Racing untuk musim 2024 lantaran motor RC213V tidak bisa memaksimalkan talenta yang dimilikinya untuk meraih gelar juara dunia.

Meski begitu, Marquez mengatakan siap kembali ke Honda pada 2025, dengan syarat pabrikan asal Jepang itu sudah memiliki motor yang kompetitif. Hal ini dikatakan saat pertemuan Marquez dengan petinggi Honda, yakni Hikaru Tsukamoto dan Koji Watanabe.

Baca juga: Hati-hati, Rawan Kejadian Mobil Tabrak Motor di Malam Hari

Dikutip dari Crash, Senin (9/10/2023), Marquez menyatakan siap kembali ke Honda jika salah satu rider-nya bisa finis di posisi lima besar pada akhir kejuaraan dunia berikutnya.

Namun, tawaran itu justru ditolak mentah-mentah oleh Honda Racing Corporation. Honda dilaporkan ingin memulai lembaran baru dengan mencoba melakukan peningkatan tanpa ada campur tangan juara dunia delapan kali itu.

Pebalap tim Repsol Honda Spanyol Marc Marquez berbicara saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap tim Repsol Honda Spanyol Marc Marquez berbicara saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.

Seperti diketahui, Honda dan Marquez merupakan salah satu kolaborasi yang paling sukses di MotoGP. Marquez pertama kali meraih kemenangan debutnya di kelas premier (MotoGP) dengan Honda RC213V di Grand Prix of the Americas di Austin, Texas pada tahun 2013.

Hasil tersebut sekaligus menjadikan Marquez pemenang kelas premier termuda dan menjadi Juara Dunia kelas premier termuda di tahun yang sama.

Baca juga: Uji Segway E110L di Jalan Tanjakan, Ini Hasilnya

Pada tahun 2014, Marquez mempertahankan gelarnya dan memenangkan 10 balapan berturut-turut di tahun tersebut, kemudian juga meraih gelar juara dunia pada tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019 sebagai pebalap HRC bersama Repsol Honda Team.

Kini rider berusia 30 tahun itu dapat dipastikan bakal pindah ke tim satelit asal Italia Gresini Racing. Kabarnya Marquez hanya memiliki kontrak 1 tahun dengan Gresini Racing. Sementara untuk musim 2025, The Baby Alien dirumorkan bakal pindah ke tim pabrikan KTM.

Namun, hal tersebut masih sebatas spekulasi saja, belum ada pengumuman resmi terkait masa depan pebalap yang identik dengan nomor 93 itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com