Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV di Indonesia Bisa Lebih Populer daripada MPV

Kompas.com - 09/10/2023, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, pasar kendaaan bermotor roda empat atau lebih jenis Sport Utility Vehicle (SUV) semakin diminati masyarakat Indonesia.

Hal terkait terbukti dari keniakan penjualan SUV kelas menengah seperti Honda HR-V maupun Toyota Rush setiap tahunnya. Pada Agustus 2023 saja, pasar di segmen ini telah tumbuh 25 persen dari periode sama tahun sebelumnya.

Dengan kondisi tersebut, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy memprediksi kepopuleran kendaraan SUV bakal melebihi mobil keluarga 7-penumpang alias Multi Purpose Vehicle (MPV).

Baca juga: Rebutan Kue Ragam Merek Otomotif di Pasar SUV B Indonesia

test drive Honda BR-VKOMPAS.com/Adityo Wisnu test drive Honda BR-V

Diketahui, saat ini MPV menguasai hingga 30 persen dari total pasar, di mana LMPV menjadi tulang punggungnya. Adapun kendaraan jenis tersebut ialah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Hyundai Stargazer, Suzuki Ertiga, hingga Honda Mobilio.

"Kami berpendapat seperti itu, karena infrastruktur di Indonesia sangat membutuhkan mobil yang tangguh serta nyaman," kata Billy kepada Kompas.com, Minggu (8/10/2023).

Kemudian banyaknya pemain baru pada segmen SUV juga berkontribusi terhadap pergerakkan pasar. Pada kelas SUV menengah misal, sepanjang tahun ini aja sudah ada lima model baru di pasaran.

Mulai dari Wuling Alvez, Chery Omoda 5, Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, sampai yang paling baru Mitsubishi XForce.

"Segmen Middle SUV memang terus bertumbuh seiring dengan kebutuhan, model atau pilihan yang makin banyak serta daya beli konsumen yang meningkat juga," ujar Billy.

Baca juga: Alasan Kenapa Harus Pakai Motor Listrik

Toyota Yaris CrossKompas.com Toyota Yaris Cross

Hal serupa pun dikatakan Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi yang menyebut perkembangan karakter pada mobil SUV lebih fleksibel.

"Semakin kesini, semakin nyaman, lengkap kapabilitasnya, gagah, dan sesuai dengan kebutuhan jaman sekarang. Jadi menurut kami, sangat wajar ya medium SUV (mencakup LSUV dan SUV B segment) tumbuh positif," katanya.

Hanya saja kondisi dimaksud tidak akan terjadi dalam waktu singkat. Mengingat kini mobil dengan kapasitas 7-penumpang masih diandalkan dalam mengangkut orang atau barang banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com