Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Cuaca Panas, Ini Jenis Helm yang Direkomendasikan Dokter

Kompas.com - 06/10/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghadapi cuaca panas dan terik, ada rekomendasi bermanfaat bagi pengendara motor, terkait pilihan helm yang cocok digunakan dan bermanfaat pula bagi kesehatan.

Anjuran ini dibagikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Eka Indra. Dia menyarankan pengendara untuk memakai helm dengan visor monochromatic, alias visor gelap.

Walau terkesan remeh, visor gelap ternyata sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan saraf mata, yang tentu berkaitan dengan kualitas pandangan.

“Visor monokrom itu bisa memfilter cahaya berlebih saat cuaca terik. Ini bagus sekali untuk mencegah disfungsi pengelihatan,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (5/10/2023).

Baca juga: Biaya Perbaikan Electric Power Steering

Ilustrasi helm motor dengan flat visor, alias kaca rataKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi helm motor dengan flat visor, alias kaca rata

Dia menjelaskan, dari sudut pandang medis, cuaca terik bisa dianggap sebagai saturasi berlebihan, alias intensitas cahaya terlalu kuat. Kondisi ini mengakibatkan saraf mata cepat lelah.

Jika saraf mata lelah, ada beragam komplikasi yang bisa terjadi, mulai dari pandangan kabur, migraine atau sakit kepala, bahkan penyakit pengelihatan lainnya.

“Bisa juga kena myopia atau hepermetropia (rabun mata), soalnya kan mata terekspos silau terus menerus,” kata dia.

Terkait anjuran Indra, sejatinya sudah banyak dijumpai helm motor dengan fitur double visor atau visor ganda. Jadi pengendara tidak akan kesulitan memilih.

Baca juga: Naik Motor Saat Cuaca Panas, Segera Berhenti jika Kepala Mulai Pusing

Helm retro Asca BomberAsca Helm retro Asca Bomber

Jika kondisi siang sedang terik, visor gelap bisa digunakan untuk memfilter cahaya. Jika kondisi malam hari, bisa menggunakan visor standar.

“Tapi kalau beli helm baru kemahalan, pakai kacamata hitam biasa saja sudah cukup. Yang penting ada filter supaya mata tetap adem,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com