Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Lengkap Yaris Cross Hybrid, Mobil Hybrid Ke-2 Rakitan Karawang

Kompas.com - 05/10/2023, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menjalani debut di Tanah Air pada 15 Mei 2023, redaksi Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengetesan terhadap Yaris Cross Hybrid.

Menjadi mobil listrik berteknologi hibrida ke-2 yang diproduksi Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), SUV ini membawa sejumlah aspek menarik sebagai kendaraan harian.

Dilaksanakan selama empat hari, pengujian terhadap Yaris Cross Hybrid meliputi aspek-aspek penting dalam pemakaian harian. Mulai dari desain, rasa berkendara, kepraktisan fitur, kenyamanan, konsumsi BBM, hingga total biaya kepemilikan.

Baca juga: Ulik Desain Toyota Yaris Cross Hybrid Buatan Indonesia

Melalui artikel ini, redaksi berharap dapat memberikan gambaran kepada pembaca yang hendak memboyong mobil berharga Rp 440 jutaan tersebut. Berikut lengkapnya;

Desain

Mengusung konsep "Solid & Dynamic", secara umum Yaris Cross Hybrid punya tampilan yang gagah sekaligus modern. Kesan ini terlihat jelas dari bagian depan melalui gril trapezoidal yang berbeda ukuran antara atas dan bawah.

Demikian pula untuk desain lampu utama yang dibuat mengikuti lekukan kap mesin dan bodi samping. Pada bagian kaki-kaki, kendaraan dibekali pelek 18 inci sehingga ketika dilihat sepintas, mirip RAV-4.

Toyota Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota Yaris Cross Hybrid

Adapun dimensi mobil memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan ground clearance 260. Membuat Yaris Cross tak hanya mampu melibas medan aspal perkotaan, tapi juga percaya diri diajak berpetualang.

Data di atas kertas, overhang depan-belakang atau jarak antara wheelbase mobil ke ujung bumper dibuat padat dengan approach angle 19 derajat dan departure angle 28 derajat.

Sementara radius putar mobil tergolong kecil, yakni 5,2 meter sehingga lebih lincah untuk bermanuver dan u-turn.

Pada bagian kabin, mobil dibalut oleh warna hitam dengan detil jahitan biru. Sebagai upaya memancarkan sisi mewah, desain dasbornya dibuat seperti kokpit pesawat, di mana penempatan ruang tengah ringkas tetapi fungsional.

Baca juga: Merasakan Keandalan Fitur Yaris Cross Hybrid di Jalur Perkotaan

Toyota Yaris Cross Hybrid ketika melintas di rute menanjak kawasan BromoKompas.com - Aris Harvenda Toyota Yaris Cross Hybrid ketika melintas di rute menanjak kawasan Bromo

Fitur

Sebagaimana mobil Toyota mewah lainnya, Yaris Cross Hybrid sudah dibekali perangkat keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) yang kemudian ditambah Toyota Hybrid System (THS).

Melalui THS, mobil menjadi lebih bertenaga karena optimasi baterai Lithium-Ion. Sehingga pengemudi tidak perlu berusaha keras untuk mencapai kecepatan tertentu tetapi masih hemat bahan bakar.

Selama penggunaan di dalam kota, tidak ada catatan yang berarti untuk mobil ini. Baik sensor-sensornya seperti emergency stop signal sampai vehicle stability control (VSC) berkenra secara optimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com