Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Ada Pebalap MotoGP yang Tergeser Posisinya Musim 2024

Kompas.com - 03/10/2023, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Teka-teki siapa pebalap yang akan tergeser dari KTM dan GasGas Tech3 karena kehadiran Pedro Acosta sedikit banyak mulai terjawab. Kehadiran pebalap muda itu akan menggeser salah satu dari pebalap GasGas saat ini.

Untuk diketahui saat ini GasGas Tech 3 punya dua pebalap yaitu Pol Espargaro dan Augusto Fernandez. Hampir pasti pihak KTM memutuskan untuk menggeser Fernandez agar Acosta yang disebut-sebut sebagai "The New Marc Marquez" bisa masuk ke MotoGP 2024.

Pedro Acosta saat berlaga pada Moto2 Valencia 2022Dok. @37pedroacosta Pedro Acosta saat berlaga pada Moto2 Valencia 2022

“Karena rencana Grand Prix ke-22, menjadi semakin penting bagi pekerjaan untuk memiliki pembalap penguji dan pengganti yang kuat berdasarkan kontrak,” kata Stefan Pierer dikutip dari Speedweek, Selasa (3/10/2023).

Padahal Augusto Fernández merupakan Juara Dunia Moto2 2022 namun posisinya bakal tergeser oleh Acosta. Sebab Pol Espargaro yang walau musim ini kurang bersinar karena mengalami cedera dianggap bisa mengembangkan motor.

Pol merupakan salah satu anak emas KTM. Dia yang mengembangkan RC16 sebelum disentuh Dani Pedrosa. Saat Pol pindah ke Repsol Honda dan ternyata tidak berhasil, KTM tetap mau menampung pebalap veteran tersebut.

Augusto Fernandez saat berlaga pada MotoGP India 2023Dok. @augustofernandez37 Augusto Fernandez saat berlaga pada MotoGP India 2023

Fernández nantinya akan digeser sebagai test rider, dan kemungkinan dijanjikan akan kembali masuk skuad pada 2025. KTM tidak putus semangat ingin kembali menambah tim menjadi tiga tim dengan memakai slot pebalap yang ditinggalkan oleh Suzuki.

Seperti diketahui, KTM awalnya berencana untuk menambah tim dengan memakai jatah pebalap Suzuki agar Acosta tidak perlu menggeser jajaran pebalap saat ini namun kemudian ditolek oleh Dorna Sport.

KTM kemudian sempat kelimpungan sebab terlanjur menjanjikan tempat buat Acosta untuk naik kelas ke MotoGP pada 2024. Padahal slot pebalap KTM Sudah penuh baik di tim pabrikan Red Bull KTM dan tim GasGas Tech3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com