Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisaran Biaya Servis AC Mobil dan Isi Freon di Bengkel Spesialis

Kompas.com - 29/09/2023, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu sebagaian wilayah di Indonesia sedang panas-panasnya. Menurut Badan Meteorologi, KIimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu udara maksimum di wilayah Indonesia 10 hari terakhir mencapai 35-37 derajat Celsius.

Di tengah suhu yang panas, AC dingin menjadi keharusan pemilik mobil, sebab jika tidak akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Salah satu menjaga AC tetap dingin maksimal ialah dengan servis berkala. Namun rupanya masih banyak pemilik mobil yang belum tahu kiasaran biaya servis AC mobil atau sekadar biaya untuk tambah freon AC.

Baca juga: Cuaca Panas, AC Mobil CBU Kerja Lebih Berat Dibanding Mobil Buatan Lokal

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil

M Gunawan, Kepala bengkel spesialis AC mobil Premium 99, mengatakan, servis AC saat ini sudah bisa paketan. Artinya ada paket servis yang bisa dinikmati konsumen sehingga disebut bakal lebih murah.

"Kalau biaya servis di tempat kita ada namanya after care, termasuk freon, evaporator, pembersihan air pump, condensor, motor blower dan filter itu Rp 285.000 untuk Honda Mobilio, WR-V masuk ke situ," katanya kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

"Kalau nambah freon saja di kami, Rp 1.100 per 50 gram, minimal 50 gram jadi total Rp 55.000 hanya nambah saja," ujar Gunawan.

Meski demikian, kata Gunawan lebih baik servis lengkap ketimbang hanya menambah freon. Sebab belum tentu menambah freon menjadikan AC langsung dingin.

Baca juga: Intip Bus AKAP Langka dan Unik PO Safari Dharma Raya

Cara Kerja Freon AC MobilRotarybintaro.co.id Cara Kerja Freon AC Mobil

"Namun yang mesti kita pastikan terkadang, dengan ditambah freon nanti jadi dingin tapi beberapa kasus yaitu tekanannya bagus tapi tidak dingin ternyata kondisi freon sudah jenuh," katanya.

"Jadi sudah tidak bisa mengubah secara maksimal dari gas ke cair. Karena part pendukung dan perawatan. Jadi tidak bisa kita bilang tambah freon pasti dingin. Tapi memang ada beberapa mobil yang kita tambah jadi dingin, ada, bukan tidak ada," katanya.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, penggantian freon yang teratur dapat menjaga kondisi AC tetap optimal.

Baca juga: Setelan AC Mobil yang Pas Saat Cuaca Panas, Manfaatkan Fitur Auto AC

 

Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.
KOMPAS.com/Gilang Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.

"Tujuannya apa agar freon dan olinya itu sirkulasi tetap sehat, biar kompresornya panjang umurnya. Kan harga freon dan oli lebih murah ketimbang kompresornya," ujar Yudho.

Yudho mengatakan, di tempatnya biaya isi freon dan ganti oli kompresor dikenakan Rp 380.000. Sedangkan biaya jasa sebesar Rp 75.000.

"Biasanya kalau AC tidak dingin kemudian apa yang dilakukan yaitu isi freon. Tapi dia (pemilik mobil) lupa satu hal yaitu isi oli. AC ada olinya, oli AC untuk melumaskan kompresor," ujar Yudho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com