Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Bus AKAP Langka dan Unik PO Safari Dharma Raya

Kompas.com - 29/09/2023, 14:43 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai perusahaan otobus (PO) kini bersaing ketat menarik minat penumpang dengan beragam fasilitas yang ditawarkan.

Sebagai PO yang sudah berdiri sejak tahun 1960-an, Safari Dharma Raya juga turut menghadirkan layanan terbaik kepada penumpang. Salah satunya adalah menggunakan unit bus langka dan di klaim hanya ada satu di Indonesia dalam layanan bus AKAP

Bus tersebut diberi nama The Quester dan menyajikan layanan kelas eksekutif untuk perjalanan Jakarta - Yogyakarta via Temanggung.

Baca juga: Awas Dehidrasi, Berkendara Motor Saat Cuaca Panas

Hal yang membuat bus tersebut unik, lantaran bagian fasia depan bus hadir menyerupai truk. Bus itu memang memakai headlamp yang sering dipakai truk UD Quester.

Kemudian keunikan lain dari bus tersebut adalah, bagian atap kabin bus hadir dengan model kaca panoramic. Pengalaman naik bus AKAP langka tersebut dibagikan oleh Instagram @irfanalfn. Dia menyebutkan, harga bus dibanderol Rp 265.000.

Dengan tarif tersebut, penumpang sudah mendapatkan cemilan, makan gratis satu kali, TV di bagian depan, toilet, USB charger dan kursi model legrest dengan foot rest elektrik konfigurasi 2-2.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Irfan Alfian (@irfanalfn)

Baca juga: Generasi Terbaru Suzuki Swift, Punya Mesin Super Irit

Kabin bus PO Safari Dharma Raya edisi langkaYoutube Morodadi Prima Official Kabin bus PO Safari Dharma Raya edisi langka

Secara spesifikasi, bus menggunakan bodi Grand Tourismo SG Panoramic rakitan karoseri Morodadi Prima. Sementara itu, bus ditopang oleh sasis Mercedes Benz O500R 1836 Air Suspension. Kaca spion juga tampil lebih modern karena menggunakan model elektrik. 

Namun, tidak ketinggalan pada eksterior bodi samping terdapat gambar sekelompok gajah yang menjadi ciri khas PO Safari Dharma Raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com