Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Waktu Dekat, Jalan Tol Serpong-Cinere Siap Beroperasi Penuh

Kompas.com - 29/09/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) sebagai pengelola Tol Serpong-Cinere, menargetkan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 kilometer (km) akan segera dioperasikan dalam waktu dekat.

Dengan akan dibukannya Seksi 2 yang kontruksinya telah selesai 100 persen tersebut, maka Jalan Tol Serpong-Cinere akan beroperasi secara penuh melengkapi Seksi 1 Serpong-Pamulang yang sudah berjalan sejak 2021.

Mirza Nurul Handayani, Direktur Utama PT CSJ menjelaskan, tersambungnya Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 Km akan mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Terutama, ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini nantinya tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang saat ini statusnya juga telah selesai.

Baca juga: Mobil Listrik Honda N-Van e Versi Produksi Mirip dengan Konsep

"Nantinya, ujung dari main road Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere di Km 35+250 akan tersambung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo," ujar Mirza dalam keterangan resminya, Jumat (29/9/2023).

Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-CinereJASA MARGA Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere

Lebih lanjut dijelaskan, dengan tersambungnya jalan tol tersebut, pengguna jalan yang akan keluar di Limo ataupun menerus menuju Jagorawi akan melakukan transaksi di Gerbang Tol Limo yang dioperasikan PT TLKJ.

Adapun konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah selesai 100 persen sejak akhir 2021.

Sementara uji fungsi telah dilakukan pada Mei 2022 serta mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada September 2023.

Untuk target jadwal pengoperasian jalan tol ini juga akan menyesuaikan dengan beroperasinya Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo.

Menurut Mirza, dengan kondisi yang sudah tersambung penuh, pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi) serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari) dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol JORR 2.

Baca juga: Intip Bus Pariwisata Mewah Punya PO Primajasa

"Kami optimis volume kendaraan yang melalui Jalan Tol Serpong-Cinere juga akan meningkat," kata Mirza.

Jalan Tol Serpong-Cinere terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dan Jalan Cinere-Jagorawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat.

Adanya Jalan Tol JORR 2 menambah alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pengguna jalan yang tinggal di sekitar Jabotabek bisa menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota baik dari arah Tanjung Priok maupun Cawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com