Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Usir Hawa Panas Saat Mobil Parkir di Luar

Kompas.com - 29/09/2023, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu panas melanda sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya, beberapa hari terakhir. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara maksimum di wilayah Indonesia 10 hari terakhir terpantau mencapai 35-37 derajat Celcius.

Suhu panas tersebut tentu mempengaruhi kenyamanan, termasuk bagi pengguna mobil karena dampaknya membuat kabin terasa lebih panas. Terutama usai mobil terparkir di luar ruangan dengan kondisi di bawah sinar matahari.

Kepala bengkel spesialis AC mobil Premium 99, M Gunawan, mengatakan, solusi yang paling mudah untuk mengusir hawa panas di kabin adalah dengan memaksimalkan blower dan suhu pada AC mobil.

Baca juga: Intip Bus Pariwisata Mewah Punya PO Primajasa

“Biasanya AC dengan performa bagus dalam lima menit bisa menstabilkan ruang kabin dan pengemudi merasa nyaman, cukup dengan cara meningkatkan speed kecepatan blower yang maksimal dan suhu yang paling dingin,” ucap Gunawan, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/9/2023).

Menurut Gunawan, AC mobil dalam kondisi optimal seharusnya bisa mendinginkan ruang kabin dalam waktu 5 menit.

Ilustrasi AC MobilFreepik/Dianabygu Ilustrasi AC Mobil

Sementara itu, Business Development Rotary Bintaro Kelving Ong mengatakan, cara yang paling tepat untuk membuat kabin mobil cepat dingin usai parkir di tempat panas adalah dengan membuka jendela mobil terlebih dahulu agar hawa panas dalam mobil bisa cepat hilang.

“Misal, mobil habis terjemur di kondisi panas, AC dibesarkan anginnya, disetel temperatur maksimum. Arah angin mengarah ke kaki, dan jendela dibuka setengah,” ucap Kelvin.

Baca juga: Meluncur Besok, Simak Bocoran Chery Omoda 5 GT

Ketika mobil bergerak kondensor yang terdapat di depan radiator bisa terpapar udara segar, sehingga proses pendinginan akan lebih maksimal. Namun, Kelvin menyarankan untuk tetap membuka jendela kurang lebih sekitar 5 menit.

“Hal ini bertujuan untuk membuang panas di dalam kabin. Setelah itu kembalikan blower AC ke speed satu,” kata Kelvin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com