Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Beli Honda Vario 125 Generasi Awal, Pastikan Cek Rem CBS

Kompas.com - 27/09/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Vario dengan mesin 125cc pertama kali keluar medio 2012-2015. Saat itu, Vario tersedia dua varian, standar dan combi brake system (CBS) atau sistem pengereman kombinasi depan dan belakang.

Kalau di pasar motor bekas, ternyata Vario 125 generasi awal ini masih cukup banyak peminatnya. Beberapa beranggapan kalau skutik generasi awal ini terasa lebih mantap (solid) daripada yang terakhir.

Saat awal keluar, Vario yang rilis 2012-2015 ini memang tidak banyak fiturnya. Paling ada yang CBS tadi dan Idling Start Stop (ISS) yang mematikan mesin saat motor diam beberapa detik, seperti di lampu merah.

Baca juga: Solusi buat Speedometer Honda Vario Mccyanodel LCD g Kerap Rusak

Motor tahun tua yang kondisinya masih orisinil masih banyak dicari. Cek pajak kendaraan atau cek pajak kendaraan online.Donny Dwisatryo Priyantoro Motor tahun tua yang kondisinya masih orisinil masih banyak dicari. Cek pajak kendaraan atau cek pajak kendaraan online.

Lalu, bagi yang berminat meminang motor ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor menjelaskan, Vario 125 generasi awal ini ada beberapa komponen yang biasanya kerap rusak karena pemakaian.

"Yang perlu diperhatikan itu yang unit dengan pengereman tipe CBS. Biasa hendel atau dudukan hendel-nya sudah banyak yang aus," kata Aries kepada Kompas.com, Selasa (26/9/2023).

Jika sudah aus, biasanya tuas untuk mengerem itu terasa tidak solid atau goyang-goyang. Solusinya, bisa ganti dengan yang baru, baik yang asli Honda atau aftermarket.

Baca juga: Mau Beli Innova Bekas, Pahami Dulu Penyakit Umumnya


"Lalu, layar LCD bagian bensin (indikator) sudah tidak terbaca," kata Aries.

Memang, layar LCD biasanya punya usia pakai. Menyelesaikan masalah tersebut tinggal dibawa saja ke tukang servis speedometer, maka akan diganti lapisan polarized dan speedometer seperti baru.

Untuk keseluruhan, cek bagian CVT, dilihat keadaannya seperti apa, begitu juga bagian mesin dan kelistrikan. Tentu motor yang usianya sudah di atas 10 tahun harus dicek komponen yang sudah aus.

"Cek juga suspensi, ban, bodi dan tampilan lainnya," kata Aries.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com