Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Tetap Sejuk, Hitung Estimasi Biaya Perawatan AC Rutin Toyota Agya

Kompas.com - 23/09/2023, 07:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Biaya perbaikan air conditioner (AC) mobil bisa membengkak bila terjadi kerusakan pada beberapa komponen utamanya. Seperti kompresor, evaporator, dan kondensor.

Maka dari itu, AC wajib dirawat secara rutin agar kerusakan kompleks tidak terjadi, sehingga biaya perawatannya menjadi lebih ringan.

Tak terkecuali AC pada mobil murah seperti Toyota Agya, perawatan tetap diperlukan agar performanya tetap baik dan mencegah kerusakan komponen.

Baca juga: Jajal Performa Toyota Agya GR Sport Garapan GR Garage

Setir Toyota Agya GR Sport Garapan GR GarageKompas.com/Nanda Setir Toyota Agya GR Sport Garapan GR Garage

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan, Agya memiliki AC single blower karena memang kabinnya lebih kecil dibandingkan MPV.

“Dengan AC yang prima, udara di dalam kabin Agya cukup, bisa memberikan rasa nyaman meski dikendarai di siang hari, namun bila tidak dirawat maka mungkin saja kemampuan AC-nya menurun,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini, mengatakan, AC pada Agya perlu dirawat agar kemampuannya tetap optimal serta mencegah terjadinya kerusakan komponen.

Baca juga: Mau Beli Toyota Agya Lawas, Pahami Dulu Penyakit Umumnya

Ilustrasi AC MobilFreepik/Dianabygu Ilustrasi AC Mobil

Minimal dilakukan penggantian oli kompresor setiap mobil menempuh jarak 20.000 Km atau setahun untuk menghindari terjadinya penyumbatan dan kerusakan kompresor.

“Oli kompresor yang tidak diganti dalam waktu lama akan membuatnya kotor, sehingga kotoran itu bisa bersirkulasi ke seluruh komponen AC seperti evaporator, kondensor, dan katup ekspansi, akibatnya bisa menyumbat,” ucap Muchlis.

Jika aliran freon tersumbat, maka risikonya komponen bisa mengalami kerusakan. Paling ringan, perlu perawatan besar agar dibersihkan seluruhnya.

Baca juga: Estimasi Biaya Ganti Kaki-kaki Toyota Agya, Tembus Rp 3 Jutaan

“Kami menawarkan perawatan yang lebih lengkap demi mendapatkan hasil yang optimal, seperti penggantian freon dan pembersihan komponen AC,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan servis AC pada Agya dibagi menjadi dua jenis, yakni servis rutin ringan dan besar dengan rincian pekerjaan berbeda pula.

“Servis ringan meliputi pembersihan blower, kondensor, filter AC dan pengecekan sistem AC tanpa dilakukan pembongkaran, sedangkan servis rutin besar adalah pembersihan dengan cara dibongkar semua komponennya,” ucap Muchlis.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas Rp 90 Jutaan, dari Agya sampai Camry

Dengan demikian dalam sekali melakukan servis rutin AC Agya membutuhkan biaya mulai Rp 300.000 - Rp 500.000 tergantung mau dilakukan pembongkaran atau tidak saat proses servis.

Untuk informasi lengkapnya, berikut rincian biaya servis AC rutin di Sukoharjo, Jawa Tengah, untuk Toyota Agya:

  1. Ganti oli kompresor ND 8, Rp 50.000
  2. Ganti freon, Rp 150.000
  3. Perawatan ringan AC rutin, Rp 100.000
  4. Perawatan besar AC, overhaul dashboard Rp 300.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com