Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini Sirkuit Mandalika Ditutup untuk Umum

Kompas.com - 18/09/2023, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika akan ditutup untuk umum mulai 18 September-15 Oktober 2023. Penutupan dilakukan untuk semua kegiatan seperti track day dan juga kunjungan lainnya.

"Penutupan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan sirkuit untuk perhelatan MotoGP Indonesia 2023 yang akan dilangsungkan pada tanggal 13-15 Oktober 2023," tulis keterangan dikutip dari Instagram, pada Senin (18/9/2023).

Baca juga: Telat Ganti Oli Transmisi, Penyebab Mobil Matik Bermasalah

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) pengelola Sirkuit Mandalika akan melakukan berbagai persiapan baru sesuai permintaan FIM, seperti pengerokan dan pengecatan kerb, pemasangan sensor untuk area track-limit dan timing system.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MGPA Official #TheMandalikaGP (@themandalikagp)

Sedangkan di bagian paddock, MGPA akan melakukan penempatan berbagai tenda dan bangunan penunjang.

Adapun di area inner sirkuit, pihak pengelola akan melakukan pemasangan panggung musik, booth tenda untuk UMKM, Area Motorsport Zone, Area makan dan minum dan berbagai keperluan lain.

"Semua ini dilakukan dalam menyambut perhelatan MotoGP yang akan membawa nama baik Mandalika, Lombok, NTB dan Indonesia melalui kehadiran berbagai team balap, media dan tentunya siaran TV yang akan ditayangkan secara langsung di berbagai negara," tulis keterangan.

Baca juga: Mobil Matik Makin Canggih, tetapi Pemicu Masalah Tambah Banyak

Sebelumnya, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, pengelola Sirkuit Mandalika, mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan homologasi sirkuit grade 3 standar Federasi Automobil Internasional (FIA) untuk penyelenggaran balap mobil.

Balapan sunday race di sirkuit Mandalika Lombok, Sabtu (19/8/2023)KOMPAS.COM/IDHAM KHALID Balapan sunday race di sirkuit Mandalika Lombok, Sabtu (19/8/2023)

Walaupun belum resmi sebetulnya sirkuit dengan panjang 4,3 km dengan 17 tikungan itu sudah mengantungi grade 3 FIA.

"Jadi dari sisi keselamatan saya sudah mendapatkan unofficial grade 3 tinggal saya memasang speedbump di sirkuit," ujar Priandhi.

Untuk diketahui MotoGP Indonesia rencananya digelar pada 13-15 Oktober 2023. Sehingga rencana homologasi sirkuit grade 3 FIA paling cepat berjalan akhir tahun.

"Jadi saya biarkan selesaikan MotoGP kemudian untuk pasang speedbump mungkin butuh waktu tiga minggu, kemudian didatangi lagi oleh pihak FIA untuk homologasi kemudian baru grade 3 keluar," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com