Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Kawasaki Ninja dan Z EV Meluncur Oktober 2023

Kompas.com - 18/09/2023, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik Kawasaki yakni Ninja e-1 dan Z e-1 segera meluncur. Lewat laman resmi Kawasaki di Inggris, kedua motor listrik tersebut diperkenalkan bulan depan.

Ninja e-1 dan Z e-1 bisa dibilang masuk ke segmen motor mesin 125cc. Walau jadi tanpa suara, Kawasaki tetap menawarkan sensasi berkendara yang menyenangkan dan tanpa emisi.

Kedua motor listrik ini menggunakan dinamo dengan tenaga 6,7 TK (rated) dan puncaknya di 12 TK dengan menekan tombol e-boost. Untuk baterai, pakai model kembar yang bisa pasang-copot, atau removeable.

Baca juga: Tidak Lagi Juara WorldSBK, Rea Tinggalkan Kawasaki Pindah ke Yamaha

Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 sedang dihomologasi di AustraliaMOTORCYCLE.com Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 sedang dihomologasi di Australia

Lalu, Ninja e-1 dan Z e-1 menawarkan kemudahan berkendara "twist and go" tinggal putar saja gasnya dan melaju. Tersedia dua pilihan mode berkendara, Road dan Eco dengan kecepatan maksimal 99 Kpj.

Bukan itu saja, Ninja e-1 dan Z e-1 menawarkan mode walk yang memudahkan saat pengendara mau parkir. Nantinya motor jadi bisa jalan maju dan mundur secara perlahan.

Untuk pilihan warna, sepertinya baru disiapkan Mettalic Bright Silver dan Metallic Matte Lime Green. Pengendara akan dimanjakan dengan layar TFT dengan konektivitas ke telepon pintar.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Uji Emisi Gratis di Jakarta

TFT tadi menampilkan riding status, sisa jarak tempuh, boost, sampai mode berkendara yang dipilih. Pada sistem pengereman, memakai unit yang digunakan pada Ninja dan Z 400 dengan ABS.

Untuk rangka, pakai model trellis yang menawarkan sensasi berkendara menyenangkan. Katanya, ini yang masih hilang di kebanyakan motor listrik entry level yang ada di pasaran.

Opsi pengecasan, tersedia charging docking yang di mana baterainya saja bisa dicas di situ. Jadi lebih mudah karena motor bisa disimpan di garasi, baterainya saja yang dibawa ke dalam ruangan untuk dicas.

Kawasaki sudah menyiapkan beberapa aksesori, salah satunya Ergo-Fit seats yang bisa disesuaikan dengan tinggi pengendara. Untuk harga, baru akan diumumkan saat peluncuran, yakni bulan depan di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com