Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Super Ringkas Honda Motocompacto, Penerus Motocompo

Kompas.com - 15/09/2023, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih ingat Honda Motocompo? Motor tahun 1980-an itu sekarang punya adik yang juga super ringkas ukurannya, yakni Motocompacto.

Berdasarkan siaran resmi, Motocompacto merupakan motor listrik yang bisa dijadikan transportasi first dan last mile. Sekali cas, Motocompo bisa menempuh jarak sekitar 19 Km dan kecepatan puncak 24 Kpj.

Sama seperti kakaknya, Motocompacto bisa dilipat sampai ukurannya cuma 74,1cm x 9,3cm x 53,5cm. Bobotnya pun terbilang ringan, yakni 18,7 Kg, masih bisa ditenteng.

Baca juga: Motor Listrik Honda Masih Proses Menuju TKDN 40 Persen

Honda MotocompactoACURANEW.com Honda Motocompacto

Penjualan Motocompacto bisa melalui laman Motocompacto.honda.com atau ke diler Honda dan Acura mulai November. Motocompacto dibanderol 995 Dollar Amerika atau setara Rp 15,2 jutaan.

Hadirnya Motocompacto cocok buat solusi mobilitas perkotaan. Desainnya yang ringkas, saat tidak dilipat pun masih terbilang kecil, enak dibawa meliuk-liuk di jalanan yang padat.

Baterai Motocompo berukuran 6,8 Ah, cukup dicas 3,5 jam dengan colokan 110 V. Baterai tadi menggerakkan roda depan (front wheel drive) yang memakai motor listrik bertenaga 490 W dan torsi 16 Nm.

Baca juga: Marc Marquez Punya 3 Pilihan Soal Masa Depannya di MotoGP


"Motocompacto adalah keunikan dari Honda, menyenangkan, inovatif dan masuk ke strategi elektrifikasi Honda," kata Jane Nakagawa, vice president of the R&D Business Unit di American Honda Motor Co., Inc, dikutip dari siaran resmi.

Motocompacto didesain dan dikembangkan oleh Honda di Ohio dan California. Motor ringkas ini jadi pendekatan inovatif untuk transportasi elektrik, unik karena bisa dilipat, bahkan bisa ditumpuk, bisa masuk ke bagasi mobil atau dibawa ke transportasi umum.

Fitur dari Motocompacto seperti jok yang empuk, pijakan kaki, tempat penyimpanan, lampu LED, dan speedometer digital. Kabel cas juga sudah termasuk ke motornya, tinggal tarik saja.

Bahkan Motocompacto bisa terhubung dengan Bluetooth, sehingga pemilik bisa menyetel berbagai personalisasi, seperti pencahayaan dan mode berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com