Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Honda Masih Proses Menuju TKDN 40 Persen

Kompas.com - 13/09/2023, 17:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Motor listrik Honda EM1 e: telah meluncur di ajang GIIAS 2023. Kabarnya, motor listrik ini mulai diproduksi dan dikirim ke konsumen pada akhir 2023.

Bicara soal harga, Honda EM1 e: yang dilengkapi baterai Mobile Power Pack (MPP) e: dipasarkan dengan harga sekitar Rp 40 juta - Rp 45 juta.

Secara lebih rinci, harga unit motor Honda EM1 e: dibanderol sekitar Rp 30 juta-Rp 33 juta. Adapun harga baterai MPP e: dijual Rp 10 juta-Rp 12 juta.

Baca juga: Harga Toyota Yaris Bakpao Bekas mulai Rp 87 Jutaan

Honda luncurkan motor listrik EM1 e di ajang GIIAS 2023Adityo Wisnu/Kompas.com Honda luncurkan motor listrik EM1 e di ajang GIIAS 2023

Kabarnya, setelah disubsidi Rp 7 juta, Honda EM1 e: diperkirakan bakal dijual di angka Rp 33 juta sampai Rp 35 juta.

Meski begitu, motor listrik Honda rupanya belum masuk ke dalam daftar penerima subsidi yang termuat di situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira.id)

“Honda pastinya kan baru launching kemaren pas GIIAS. Pastinya mereka dalam waktu dekat akan menjual juga dengan skema (subsidi) itu,” ujar Budi Setiyadi, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Baca juga: Melaju di Bahu Jalan Tol, Berujung Seruduk Mobil Polisi PJR

Budi mengatakan, sertifikat TKDN untuk Honda EM1 e: sampai sekarang belum keluar. Walau demikian, proses diperkirakan bakal selesai dalam waktu dekat.

“Honda saya tanya sama teman-teman AHM (Astra Honda Motor), lagi berproses, on going progress," ucap Budi.

"Karena itu kan mesti diverifikasi oleh mungkin mitra seperti Surveyor Indonesia, Sucofindo, sama Kementerian Perindustrian, untuk mencapai TKDN yang 40 persen,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com