Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RC213V 2024 Masih Bermasalah, Marquez Segera Putuskan Masa Depan

Kompas.com - 12/09/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai menjajal prototipe RC213V 2024, Senin (11/9/2023), pebalap Repsol Honda Marc Marquez memberi komentar yang cukup memprihatinkan.

Juara dunia delapan kali itu mengatakan bahwa prototipe RC213V 2024 masih memiliki masalah yang sama dengan model 2023.

“Gaya berkendaranya sangat berbeda. Namun pada akhirnya, masalahnya kurang lebih sama, jadi kami perlu bekerja lebih keras,” ucap Marquez, dikutip dari Crash, Senin (11/9/2023).

Baca juga: Pakai Bus Listrik, Transjakarta Berhasil Kurangi 9,9 Persen Emisi

Lebih lanjut, Marquez menegaskan masalah tersebut adalah kurangnya grip pada ban belakang. Alih-alih mendapat paket motor yang benar-benar baru, menurut Marquez, prototipe ini lebih mirip dengan RC213V 2023.

“Posisi berkendaranya sedikit berbeda. Awalnya agak aneh, tapi kemudian lap demi lap seperti halnya motor baru menjadi lebih natural. Tapi pada akhirnya cara berkendara, cara mencari waktu putaran, sangat mirip seperti saat ini,” kata Marquez.

Tes Misano ini memang menjadi hal yang cukup penting bagi Marquez, sebab rider yang identik dengan nomor 93 itu masih belum jelas menentukan masa depannya. Marquez menegaskan, dirinya perlu melihat aksi nyata dari Honda untuk keluar dari masa sulit.

Pebalap MotoGP Honda, Marc Marquez saat konferensi pers menjelang dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap MotoGP Honda, Marc Marquez saat konferensi pers menjelang dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).

“Honda perlu bekerja keras, kami masih tertinggal jauh. Tidak ada banyak waktu untuk Valencia karena waktunya tinggal dua bulan lagi, tapi mari kita lihat apakah mereka bisa mengambil langkah,” ucap Marquez.

Ketika disinggung soal rencananya di 2024, Marquez mengaku akan memutuskan pada seri India atau Jepang. Hal itu tampak bertentangan dengan pernyataan The Baby Alien sebelumnya, yang mengatakan dia sudah memutuskan untuk menetap di Honda pada musim mendatang.

Baca juga: Rapor Penjualan Ritel Daihatsu hingga Agustus 2023

“Iya, tapi saya tidak menginformasikan, karena mungkin kurang jelas. Terkadang Anda bisa berubah pikiran, bukan? Saya punya dua rencana. Jadi sekarang saya harus memilih rencana, tapi keputusan ada di sana,” ucap pebalap berusia 30 tahun itu.

Kedua rencana tersebut bisa jadi untuk menyelesaikan tahun terakhir kontraknya dengan Honda saat ini, atau kepindahan Marquez ke Gresini Ducati seperti rumors yang berkembang belakangan ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com