Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radical Motorsport Akan Gelar Balap Satu Merek di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 11/09/2023, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA KOMPAS.com - Produsen mobil balap asal Inggris, Radical Motorsport akan resmi masuk ke Indonesia. Tak hanya berjualan mobil, Radical juga akan menggelar balapan satu merek di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

Danung Wicaksono, Business Development Director PT Nora Jelajah Dunia, distributor resmi Radical Motorsport, program bertajuk Radical Experience itu sifatnya saling menguntungkan dengan pengelola Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Video Smart Key Honda Bisa untuk Dua Motor, Ini Penjelasan AHM

"Kolaborasi antara Radical Motorsport Indonesia dengan MGPA selaku pengelola Sirkuit Mandlika sebuah sirkuit yang memiliki karakter dan keunikan tersendiri di Asia Tenggara, sehingga kegiatan balap tidak melulu terlalu serius dan hanya kalangan tertentu," katanya di Jakarta, Minggu (10/9/2023).

Radical Motorsport akan resmi masuk ke Indonesia. Produsen mobil balap untuk pemakaian sirkuit ini akan resmi meluncurkan Radical tipe SR3 XXR sehari setelah ajang MotoGP Indonesia.KOMPAS.com/Gilang Radical Motorsport akan resmi masuk ke Indonesia. Produsen mobil balap untuk pemakaian sirkuit ini akan resmi meluncurkan Radical tipe SR3 XXR sehari setelah ajang MotoGP Indonesia.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan, menyambut baik bahwa melalui kerjasama tersebut karena hal ini akan berdampak baik terkait ekosistem motorsport di Tanah Air.

“Dari diskusi bersama Radical Motorsport, Sirkuit Mandalika perlu adanya activity yang dapat menghidupkan sirkuit ini dari sisi kegiatan. Roda dua sudah ada track day, roda empat juga ada track day, lalu ada juga Mandalika Racing Series," katanya.

Radical Experience akan mendatangkan pengunjung dan pengguna sirkuit. Sirkuit Madalika sendiri merupakan sirkuit yang sudah mengadopsi best practice dan regulasi sesuai standar internasional. Ini menjamin prospek keamanan dan kelayakan baik secara teknis dan non teknis.

Baca juga: Video Pengendara Motor Adang Bus Lawan Arah, Berujung Diamuk Kernet

Sirkuit MandalikaKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Sirkuit Mandalika

"Sedangkan di luar itu, kita ingin memiliki ekosistem untuk bersenang-senang di sektor otomotif maupun motorsport,” katanya.

Terkait mobil balap yang dipakai, Radical Indonesia menyiapkan dua model yakni SR1 XXR dan SR3 XXR. Kedua mobil unit tersebut memiliki spesifikasi serupa tetapi dibekali mesin dan tenaga yang berbeda.

Baik SR1 XXR dan SR3 XXR mengadopsi teknikal dari mobil balap ketahanan Le Mans. Mobil dibekali mesin 1,3 liter dan 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 226 tk tapi hanya membopong mobil seberat 620 kg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com