Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Bicara Peluang Jual Mobil Listrik eK X EV di Indonesia

Kompas.com - 09/09/2023, 12:23 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut memamerkan mobil listrik, yakni eK X EV.

Mobil listrik mungil dengan tampilan mirip Xpander tersebut menjadi salah satu daya tarik di booth Mitsubishi di GIIAS 2023. Kei car listrik tersebut pertama kali meluncur di Jepang pada Mei 2023.

Dengan hadirnya eK X EV, tak sedikit yang berasumsi bahwa MMKSI juga akan memasarkannya di Indonesia. Apalagi, mobil listrik berukuran mungil juga sudah terbukti ada peminatnya.

Baca juga: Menperin Beri Sinyal eK X EV Bakal Diproduksi di Indonesia

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, Mitsubishi saat ini masih mempertimbangkannya dan masih melakukan studi.

Mobil listrik Mitsubishi eK X EVDok. MMKSI Mobil listrik Mitsubishi eK X EV

"Saya paham beberapa orang bilang desainnya tidak seperti BEV, jarak tempuhnya tidak cukup. Tapi, di sisi lain juga ada positifnya. Jadi, pro dan kontra masih bercampur," ujar Mii, saat ditemui di Karawang, belum lama ini.

"Kami masih mempelajarinya, itu juga alasan kami memamerkannya di GIIAS. Sebab, kami memiliki ketertarikan, kami benar-benar ingin tahu bagaimana potensi produk ini," kata Mii.

Mii menambahkan, Mitsubishi paham jika ingin memasarkan mobil listrik ini dengan harga yang kompetitif, maka harus melakukan produksi secara lokal. Maka itu, menurutnya, tidak mudah untuk memutuskannya, mengingat investasi yang dibutuhkan cukup besar.

Baca juga: Intip Spesifikasi Mitsubishi eK X EV, Si Baby Xpander

"Sulit untuk menyebutkan berapa lama (studi yang dibutuhkan). Sebab, mobil ini dikembangkan khusus untuk pasar Jepang. Kami akan melakukan tes pasar untuk melihat poin mana yang sudah baik, poin mana yang belum. Lalu, poin tersebut harus ditingkatkan. Mungkin durabilitasnya perlu ditingkatkan atau mungkin performanya," ujarnya.

MITSUBISHI EKX GIIAS 2023 003KOMPAS.com/Aprida Mega MITSUBISHI EKX GIIAS 2023 003

"Sekarang ini, kami masih dalam tahap mana yang perlu kami perhatikan. Jadi, tergantung dari hasil tersebut, itu mengapa saya belum bisa mengatakannya. Mungkin, tahun depan saya baru bisa mengatakannya," kata Mii.

Untuk diketahui, eK X EV memiliki dimensi yang cukup mungil dengan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, dan sumbu roda 2.495 mm.

Mitsubishi Kei Car ini perlu dicas paling tidak 8 jam sampai penuh.Dok. Antara Mitsubishi Kei Car ini perlu dicas paling tidak 8 jam sampai penuh.

Mitsubishi membekalinya dengan baterai jenis litium ion berkapasitas 20 kWh dengan klaim daya jelajah sejauh 180 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Mobil ini menyuguhkan tiga mode berkendara, yaitu Normal, Eco, dan Sport. Selain itu, dilengkapi sederet fitur canggih, baik pendukung kenyamanan maupun keamanan, mulai Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keep Assist (LKA), Grip Control, hingga fitur pendukung parkir MI-PILOT disematkan padanya, serta masih banyak fitur canggih lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com