Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Helm Motor dengan Pengunci Double D Ring Lebih Aman?

Kompas.com - 09/09/2023, 08:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu persoalan yang seringkali menjadi bahan perdebatan pengguna motor, yakni seputar jenis pengunci yang digunakan.

Sebagian pengguna mengklaim jika pengunci model Double D Ring punya tingkat keamanan lebih tinggi, dibandingkan jenis lainnya.

Untuk diketahui, double d ring merupakan salah satu jenis pengunci helm, yang menggunakan mekanisme kuncian ganda dengan memanfaatkan lilitan.

Karena proses pemasangannya jauh lebih kompleks dan umumnya dijumpai pada helm-helm premium, pengunci ini diklaim jauh lebih aman, namun benarkah demikian?

Baca juga: Indonesia Bisa Jadi Penguasa Baterai Kendaraan Listrik Dunia

jenis helm microlock, sistem pengunciannya ringkas dan mudahKompas.com/Daafa Alhaqqy jenis helm microlock, sistem pengunciannya ringkas dan mudah

William, Pemilik Bandung Helmet Gallery menjelaskan, walaupun mekanisme pengunciannya lebih kompleks, tingkat keamanan double d ring tidak jauh melebihi jenis pengunci lainnya.

Menurutnya, satu keunggulan double d ring adalah publikasinya yang sangat baik, karena pebalap MotoGP dan WSBK menggunakan helm dengan jenis kuncian ini.

“Tapi kalau soal urusan keamanan, baik itu helm double d ring, atau helm microlock, sebetulnya sudah sama-sama aman,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Menyoal kualitas helm, William menganjurkan supaya konsumen tidak terlalu berpatokan pada jenis penguncian, tapi justru pada standardisasi yang ada. Karena hal itulah yang menjadi jaminan mutu.

Baca juga: Mekanik AHASS Mulai Dapat Pelatihan Motor Listrik Honda EM1 e:

Helm KYT NFRKOMPAS.com/daafa Helm KYT NFR

“Harus hati-hati juga, karena sekarang juga banyak helm harga terlalu murah, tapi dikasih double d ring. Iming-imingnya kelihatan aman, padahal enggak punya standar SNI. Kan lebih bahaya itu,” ucapnya.

Kembali lagi kepada jenis penguncian yang paling baik untuk helm, sebenarnya kembali pada preferensi konsumen masing-masing. Intinya, pastikan helm yang dibeli sudah memenuhi standardisasi minimal SNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com