Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Marquez ke Gresini Racing | Tanda Mobil Tidak Akan Lulus Uji Emisi | Tilang Uji Emisi di Tangerang

Kompas.com - 09/09/2023, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita mengenai Marc Marquez yang akan pindah ke Gresini Racing membuat banyak orang penasaran. Selain itu, tak sedikit pula pembaca yang ingin tahu tanda-tanda mobil yang tidak akan lulus uji emisi.

Masih seputaran uji emisi, ternyata tilang uji emisi tidak hanya digelar di Jakarta, tapi juga akan dilaksanakan di Tangerang. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (8/9/2023):

1. Marc Marquez Dikabarkan Selangkah Lagi Bergabung dengan Gresini Racing

Alex Marquez dan Marc Marquez terpantau telah memulai tahun 2023 dengan latihan motor di Sirkuit Motorland Aragon (17/1/2023).Twitter @alexmarquez73 Alex Marquez dan Marc Marquez terpantau telah memulai tahun 2023 dengan latihan motor di Sirkuit Motorland Aragon (17/1/2023).

Marc Marquez terus dikabarkan akan hengkang dari Repsol Honda. Berita terkini adalah pebalap bernomor start 93 tersebut selangkah lagi menjadi bagian dari Gresini Racing.

Marquez dikabarkan tinggal menunggu tanda tangan terakhir untuk bergabung dengan tim satelit Ducati tersebut. Kabarnya, Marquez sudah memutuskan masa depannya pada MotoGP San Marino 2023.

Baca juga: Marc Marquez Dikabarkan Selangkah Lagi Bergabung dengan Gresini Racing

2. Bakal Berlaku Nasional, Uji Emisi Mau Jadi Syarat Perpanjang STNK

Mulai 1 September nanti, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai melakukan razia uji emisi kendaraan di 15 titik. Tapi sebelum tanggal tersebut belum akan ada penilangan.Antara via ABC Australia Mulai 1 September nanti, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai melakukan razia uji emisi kendaraan di 15 titik. Tapi sebelum tanggal tersebut belum akan ada penilangan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut bahwa percepatan kegiatan uji emisi kendaraan bermotor merupakan strategi pengendalian pencemaran udara bersama wilayah di Jabodetabek.

Luckmi Purwandari, Direktur Pengendalian Pencemaran Udara KLHK, mengatakan, pihaknya sudah menyusun mekanisme pelaksanaan uji emisi secara nasional.

Baca juga: Bakal Berlaku Nasional, Uji Emisi Mau Jadi Syarat Perpanjang STNK

3. Kenali Tanda Mobil Tidak Akan Lulus Uji Emisi

Proses tilang uji emisi kendaraan, ada ambang batas radikal bebas yang harus ditaatiKompas.com/Daafa Alhaqqy Proses tilang uji emisi kendaraan, ada ambang batas radikal bebas yang harus ditaati

Tilang uji emisi sudah diberlakukan di wilayah DKI Jakarta. Sehingga, setiap kendaraan yang akan melintas ke daerah tersebut wajib waspada dengan kondisi atau kesehatan emisinya.

Seperti yang diketahui, setiap kendaraan bermotor dengan bahan bakar minyak akan menghasilkan emisi atau zat sisa pembakaran yang secara tidak langsung bakal mencemari lingkungan.

Baca juga: Kenali Tanda Mobil Tidak Akan Lulus Uji Emisi

4. Sinyal Kuat Kehadiran Mobil Hybrid Sejuta Umat, Avanza-Veloz?

Toyota Avanza di Filipinatoyota.com.ph Toyota Avanza di Filipina

Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto menyebut bakal meluncurkan mobil listrik berjenis hibrida alias hybrid untuk model kendaraan sejuta umat di dalam negeri.

Langkah ini diambil sebagai upaya Toyota mendorong percepatan penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan didalam negeri. Sehingga seluruh lapisan masyarakat mampu berkontribusi dalam pengurangan emisi dan perbaikan polusi udara.

Baca juga: Sinyal Kuat Kehadiran Mobil Hybrid Sejuta Umat, Avanza-Veloz?

5. Siap-siap, Tilang Uji Emisi Kendaraan Bakal Diadakan di Tangerang

Pelaksanaan tilang uji emisi di Mal Taman Anggrek JakartaKompas.com/Daafa Alhaqqy Pelaksanaan tilang uji emisi di Mal Taman Anggrek Jakarta

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengklaim pelaksanaan tilang uji emisi kendaraan DKI Jakarta berlangsung sukses, dan dianggap memberikan implikasi baik.

Walaupun baru dilaksanakan sekali, yakni pada 1 September 2023, ada peningkatan kualitas udara yang cukup signifikan setelah tilang uji emisi.

Baca juga: Siap-siap, Tilang Uji Emisi Kendaraan Bakal Diadakan di Tangerang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com