Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Diesel Sulit Dinyalakan, Salah Satu Sebabnya karena Masuk Angin

Kompas.com - 02/09/2023, 12:42 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Mobil diesel yang sulit hidup saat distarter, jadi masalah yang sering dihadapi karena kurangnya perawatan.

Ada beberapa faktor yang jadi penyebabnya, yaitu karena filter solar kotor dan bahan bakar yang kualitasnya rendah.

Dengan filter solar yang kotor, membuat berbagai masalah pada kinerja mesin dan sistem bahan bakar, sehingga mobil susah atau tidak mau menyala ketika distarter.

“Biasanya yang sering terjadi (mobil tidak mau menyala) pada mesin diesel, penyebabnya filter solar kotor,” ungkap Gatot, Bengkel Surya Wonogiri, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Simak Harga Aki Mobil per September 2023

Filter solar kotor parah setelah sekian lama tidak digantiTangkapan layar Filter solar kotor parah setelah sekian lama tidak diganti

Mengingat fungsi dari filter solar sebagai penyaring kotoran, partikel, dan air dari bahan bakar sebelum mencapai sistem (bahan bakar) dan mesin. Sehingga perawatan rutin harus dilakukan.

Untuk mengatasi hal ini, Gatot menyarankan pemilik mobil diesel melakukan pengecekan dan perawatan berkala kurang lebih 6 bulan sekali.

Baca juga: Efek Tilang Uji Emisi, Kualitas Udara Jakarta Diklaim Sempat Membaik

Ilustrasi tutup tangki BBM Dicky Aditya Wijaya Ilustrasi tutup tangki BBM

Selain filter solar, terlambat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) juga dapat menyebabkan mobil diesel tidak bisa menyala.

Terlambat melakukan pengisian bahan bakar akan membuat tangki menjadi kosong dan ruang bakar terisi udara. Kondisi ini akan menyebabkan Solar sulit dimampatkan.

Baca juga: Toyota Innova Diesel Kena Tilang pada Razia Uji Emisi

Kondisi ini dikenal dengan istilah masuk angin. Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, mobil diesel memang sudah biasanya terjadi hal seperti ini.

Masuk angin itu kan udara ikut masuk ke sistem bahan bakar, ini membuat Solar sulit dipampatkan sehingga sulit terbakar. Jadinya mesin juga susah dihidupkan,” ungkap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bagian bawah filter solar didesain lebih lembut agar menyaring endapan air lebih ketatKompas.com/Erwin Setiawan Bagian bawah filter solar didesain lebih lembut agar menyaring endapan air lebih ketat

Solusi jika udara ikut masuk dalam sistem bahan bakar harus dikeluarkan dengan memompa priming pump. Hal ini jadi salah satu komponen mesin diesel yang berfungsi untuk mengeluarkan udara palsu pada sistem bahan bakar, sehingga mencegah masalah mobil diesel yang susah dinyalakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com