Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Fitur Tersembunyi pada Mitsubishi XForce

Kompas.com - 26/08/2023, 11:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain desain dan memiliki empat mode berkendara, ternyata Mitsubishi XForce juga memiliki fitur tersembunyi untuk menunjang kenyamanan.

Pertama dari sisi performa sajian audio untuk tipe tertinggi, yakni XForce Ultimate, yang telah mengusung Dynamic Sound Yamaha Premium.

Fitur ini telah dilengkapi 8 speaker yang terintegrasi dan punya empat preset equalizer, yakni signature, lively, powerful, dan relaxing.

Menurut Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), untuk sistem audio ini memang dirancang secara khusus oleh tim Yamaha yang mengikuti kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ini Syarat Lulus Uji Emisi Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta


"Untuk preset equalizer itu dibuat mengikuti kebiasaan orang kita (Indonesia) mendengarkan musik di mobil. Jadi ada tim yang melakukan survei soal musik atau lagu apa saja yang biasa didengar saat mengendarai mobil," ujar Guntur saat berbincang singkat dengan Kompas.com, di Jakarta, Selasa (23/8/2023).

Tak kalah menarik, sistem audio pada XForce Ulimate juga memiliki fitur speed sensing volume, yang berguna menyesuaikan suara audio yang dikeluarkan di dalam kabin dengan kecepatan kendaraan.

Baca juga: Vietnam Bakal Jadi Negara Pertama di Luar RI yang Dapat XForce

Menurut Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI, dengan fitur tersebut konsumen tetap bisa mendengarkan kualitas audio terbaik dari Yamaha.

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

"Fitur ini bisa mendeteksi kecepatan, jadi akan menyesuaikan meski dalam kecepatan tinggi," ujar Mii.

Kenyamanan berkendara di dalam kabin juga diberikan Mitsubishi melalui AC premium Dual Zone Auto Climate Control lengkap dengan NanoeX, yang diklaim mampu menjaga kualitas kebersihan udara.

Guntur mengatakan, adanya fitur NanoeX ini tak membuat perawatan XForce lebih ribet atau lebih mahal. Karena pada dasarnya sama saja dengan servis rutin untuk AC.

Baca juga: Pilihan Mobil Listrik yang Baru Meluncur di Indonesia, Ada 14 Model

"Jadi untuk NanoeX ini perawatannya sama saja dengan perawatan AC, dengan regular maintenance sudah cukup," ucap Guntur.

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

Selain itu, XForce juga memiliki fitur Driving Score. Fungsinya untuk merekam cara berkendara pengemudi, termasuk dari sisi konsumsi bahan bakar yang digunakan selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com