Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Habiskan Uang Rp 1,8 Miliar buat Modifikasi Audio Mobil

Kompas.com - 20/08/2023, 15:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini tak sedikit masyarakat gemar mendengarkan musik ketika berkendara, untuk itu mobil dengan perangkat pemutar musik yang bagus kerap menjadi dambaan sejumlah orang.

Untuk itu, banyak pengguna mobil yang melakukan modifikasi perangkat pemutar musik bawaan pabrik menjadi lebih berkualitas. Ada orang yang rela mengeluarkan dana hingga miliaran rupiah buat mendapat kualitas suara yang optimal.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Arti Kata dan Logo Subaru

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Steven, pemilik dari AJM Audioworks, yang memasang perangkat audio di mobilnya dengan menghabiskan dana yang fantastis.

Bagian bagasi BMW X1 mobil Steven disulap menjadi seperangkat audio untuk mengikuti kontes car audio yang diadakan oleh di GIIAS 2023.

Steven menjelaskan, dalam kontes kali ini yang menjadi penilaian adalah kualitas dari suara audio mobil itu sendiri. Untuk itu, ia ingin menunjukan hasil tuning suara yang terbaik dari keseluruhan sistem audio di mobilnya.

modifikasi car audioKompas.com/Nanda modifikasi car audio

“Karena kompetisinya adalah sound quality, otomatis yang ingin kita tunjukan adalah hasil tuning secara terbaik yang bisa dihasilkan dari sistem keseluruhan di mobil ini. Jadi kita ingin menunjukkan bisa menghasilkan suara yang diproduksi sama dengan hasil kualitas recording,’ ucap Steven saat ditemui Kompas.com di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2023).

Steven pun menjelaskan secara singkat, terkait perangkat audio apa saja yang disematkan pada mobil ini.

Modifikasi menggunakan speaker 3 ways kita campur dari beberapa brand, yang jelas tweeter menggunakan Focal Ultima Series tipe tertinggi. Kemudian menggunakan mid range dan midbass dari Micro-Precision Z Studio, tipe tertinggi dari Micro-Precision,” kata Steven.

Adapun untuk mid bass yang terletak di bawah kaki menggunakan Focal Utopia M yang ukuran 8 inci, subwoofer menggunakan Micro-Precision 10 inci, yang juga tipe tertinggi dari micro.

modifikasi car audioKompas.com/Nanda modifikasi car audio

“Untuk amplifier kita menggunakan Micro-Precision Jet Studio tipe menjadi tipe tertinggi, kemudian menggunakan power Ground Zero Reference juga tertinggi dari ground zero reference dan DSP dari Brush,” ujar Steven.

Mengenai soal biaya, harga yang dikeluarkan Steven untuk menghasilkan audio ini sangat fantastis, yakni Rp 1,8 miliar.

Baca juga: Penyakit yang Sering Terjadi pada Motor Listrik

“Untuk car audio nya sekitar Rp 1,8 miliar, karena kita menggunakan kabel yang cukup mahal Tchernov buatan Rusia. Sementara untuk pengerjaannya hanya tiga bulan saja,” kata Steven.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com