Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oli Palsu Semakin Identik, Ada Indikasi Didalangi Mafia

Kompas.com - 25/08/2023, 08:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus peredaran oli palsu di Indonesia masih umum dijumpai, bahkan di 2023, aktivitasnya terbilang meningkat. Memasuki kuartal ke-3 tahun ini, sudah ada 2 penyidakan yang dilakukan, yakni di Banten dan Jawa Timur.

Situasi ini juga semakin mengkhawatirkan, karena walaupun angka kasus pemalsuan oli berubah dari tahun ke tahun, ada satu data konkret yang ditemukan, yakni kualitas pemalsuannya semakin meningkat.

Yomie Harlin, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pelumas Indonesia (Aspelindo) menjelaskan, secara tampilan luar dari segi packaging dan kekentalan, kualitas oli palsu varian baru semakin mirip dengan yang asli.

Baca juga: Ini Jadwal Razia Uji Emisi Kendaraan di Jakarta

Barang bukti oli palsu diamankan Polres KepahiangPolres Kepahiang Barang bukti oli palsu diamankan Polres Kepahiang

“Mirip dari segi tampilan, bisa dikatakan identik. Bahkan saya sendiri kalau disodorkan dua sampel yang isinya oli palsu dan asli, mungkin sulit membedakannya,” ucapnya kepada Kompas.com di sela-sela forum diskusi Aspelindo di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Kendati mirip dari segi tampilan, oli palsu masih memiliki kualitas yang jauh lebih rendah dibandingkan yang asli.

Pelumasan serta kemampuannya merawat mesin juga sangat buruk, dan membahayakan kendaraan.

Baca juga: Kendaraan Pakai Oli Palsu Bisa Jadi Salah Satu Penyebab Polusi Udara

Secara fisik konsumen awam akan sangat sulit membedakan oli palsu. Tampilan oli palsu sangat mirip dengan oli original keluaran pabrikan.KOMPAS.com/Gilang Secara fisik konsumen awam akan sangat sulit membedakan oli palsu. Tampilan oli palsu sangat mirip dengan oli original keluaran pabrikan.

Kendati demikian, adanya peningkatan kualitas visual dari oli palsu dirasa meresahkan. Yomie menganggap, modus operandi para oknum yang memproduksi sudah semakin canggih dan terstruktur.

Kasubdit 1 Kombes Pol Indra Lutriano, Perwakilan Bareskrim Polri yang turut menghadiri forum diskusi, memaparkan data terbaru seputar peredaran oli palsu.

Berdasarkan laporan yang sudah dikompilasi sejauh ini, memang ditemukan fakta jika basis produksi dan persebaran oli palsu sebetulnya bisa dilacak.

Baca juga: Kata Toyota Soal Asap Kendaraan Jadi Penyebab Polusi Udara

Mesin sablon untuk membuat kemasan oli palsuDok. @divisihumaspolri Mesin sablon untuk membuat kemasan oli palsu

“Kalau soal ini, kami (Bareskrim) harus bicara dengan data, sejauh 2023 ini baru ada 2 kasus dan kami akan melakukan penelusuran lebih lanjut,” ujarnya kepada Kompas.com.

Dia menambahkan, dugaan soal adanya mafia oli palsu tentu masih membutuhkan penulusuran lebih lanjut.

Namun satu hal yang bisa dipastikan, kasus pemalsuan oli ternyata dilakukan oleh beberapa sindikat yang membentuk persekongkolan.

Baca juga: Kendaraan Tambang Belum Beralih ke Tenaga Listrik

Praktik bisnis oli palsu di Jawa TengahDok. @divisihumaspolri Praktik bisnis oli palsu di Jawa Tengah

“Dari perkara yang sudah kami ungkap, memang di dalamnya ada persekongkolan antara produsen resmi dengan para pemain counterfeit. Jadi ada produsen asli dan pihak palsu,” kata dia.

Indra menjelaskan, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait untuk melakukan penelusuran lebih lanjut.

Target utama saat ini adalah memperbanyak jaringan informasi, khususnya dari sisi pasar dan distribusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com