Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik TVS X Resmi Meluncur, Banderol Rp 46 Jutaan

Kompas.com - 24/08/2023, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TVS baru saja meresmikan skuter listrik baru dengan nama X. TVS X punya desain yang futuristis dan canggih, tapi bukan soal penampilan saja, fiturnya juga melimpah.

TVS X merupakan flagship skutik listrik dari TVS, makanya fitur dan desainnya enggak main-main. TVS sendiri membangunnya dari nol, jadi sudah disiapkan semua kelebihannya dengan teknologi modern.

TVS X punya desain yang unik, memprioritaskan koneksi antara pengendara dan tunggangannya. Modelnya tampil futuristis dengan desain depan punya tameng besar, lampu LED vertikal di tengah yang unik.

Baca juga: TVS Ronin Diuji Coba Sejauh 600 Km, dari Surabaya sampai Bali

TVS X meluncur, harganya Rp 46 jutaanRUSHLANE TVS X meluncur, harganya Rp 46 jutaan

Ditambah di bagian sampingnya terlihat sasis teralis berwarna biru. TVS menyebutnya dengan nama Xleton Frame, bahkan ada sistem ram air untuk mendinginkan motor atau dinamo saat berjalan.

Motor ini dikembangkan sepenuhnya di India, memakai motor listrik yang kuat dan teknologi baterai terkini. Bukan cuma performa yang apik, daya tempuhnya juga jauh, lengkap.

Soal spesifikasi, TVS X punya baterai 44,4 kWh dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 11 kW (peak) atau setara 14,7 TK. Punya top speed di 105 Kpj dan jarak tempuh diklaim sejauh 140 Km sekali cas.

Hadir dengan opsi Smart X Home rapid charger, yang menghasilkan 0 - 50 persen dalam 50 menit (fast charger opsional 3 kW), atau pengisi daya portabel yang menghasilkan 0 - 80 persen dalam 4 jam 30 menit (pengisi daya 950W).

Baca juga: AHM Klaim Sudah Identifikasi Rangka Motor Patah, Langsung Ditangani


Fitur yang disematkan ke skuter futuristis ini seperti teknologi regenerative braking dengan bantuan ABS yang modern. Tapi paling unik adalah layar instrumennya yang besar, 10,2 inci dan sudah layar sentuh.

Layar tadi banyak fiturnya, dari TVS NavPro, TVS SmartXonnect, pencari tempat cas, dan sebagainya. Lalu, bisa diganti-ganti wallpaper-nya, ditambah widget, dan sebagainya, sudah seperti layar tablet saja.

TVS X dibangun di atas rangka paduan aluminium cast presisi tinggi pada bagian tengahnya. Rangka TVS Xleton menetapkan standar baru dalam industri dan telah dikembangkan dengan mempertimbangkan kekakuan dan daya tahan optimal.

Selain desain inovatif, terdapat peningkatan pada arsitektur pencahayaan di TVS X. Lampu depan LED empat elemen tampil dengan gaya khasnya, diikuti dengan turn signal sequential dan rangkaian lampu yang dapat diprogram sehingga memungkinkan pengguna menganimasikan start up, shut down, dan berbagai status kendaraan lainnya untuk mempersonalisasi kendaraannya.

Soal harga, TVS X dibanderol 250.000 Rupee atau setara Rp 46 jutaan. Rasanya menarik kalau skuter listrik ini dibawa ke Indonesia, desainnya canggih, beda dari motor listrik lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com