Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Tambang Belum Beralih ke Tenaga Listrik

Kompas.com - 24/08/2023, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com –Tren kendaraan listrik nampaknya kini mulai merambah ke alat berat atau kendaraan tambang. Misalnya seperti eskavator listrik yang kini tengah dipromosikan oleh sejumlah produsen kendaraan berat di beberapa negara.

Direktur Eksekutif Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo) Bambang Tjahjono mengatakan, kendaraan listrik untuk aktivitas tambang masih belum efektif untuk digunakan.

“Tapi bisa dibayangkan betapa repotnya ekskavator tanpa mesin karena pakai full elektrik. Kabelnya saja besar-besar, bahkan pajangnya kabelnya sekian puluh meter. Itu baru yang kelas tidak terlalu besar, bagaimana bila eskavator yang lebih besar?,” kata Bambang di acara press conference IEE series 2023, Rabu (23/8/2023).

Baca juga: Motor Listrik Dianggap Jadi Salah Satu Solusi Tekan Polusi

Kabel- kabel yang dimaksud oleh Bambang biasanya digunakan untuk disambungkan ke sumber listrik untuk bekerja.

Namun hal itu akan membuat ruang gerak dari kendaraan tambang jadi terbatas karena harus selalu terkoneksi dengan sumber listrik. Sehingga, bila akan pindah lokasi akan rumit.

“Sementara itu, truk tambang juga tidak mungkin pakai kabel karena jalurnya itu hampir tidak mungkin (sumber listrik). Kalau pindah tempat akan merepotkan. Untuk jalur tambang yang jalurnya harus ditempuh dalam hitungan hari agaknya tidak mungkin,” kata Bambang.

Surface mining merupakan teknik penambangan terbuka tanpa peledakan, yang dilakukan di atas permukaan dengan menggunakan alat mekanis mobile milling machine, surface miner engine power 950 HP, untuk meminimalisasi debu, bising dan getaran.Dok. SIG Surface mining merupakan teknik penambangan terbuka tanpa peledakan, yang dilakukan di atas permukaan dengan menggunakan alat mekanis mobile milling machine, surface miner engine power 950 HP, untuk meminimalisasi debu, bising dan getaran.

Baca juga: Cara Klaim Garansi Motor Honda yang Berkarat dan Rusak

Namun akan menjadi lebih praktis bila kendaraan tambang berbasis listrik mengandalkan sumber tenaga dari baterai. Sehingga saat akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tidak akan merepotkan untuk mencari colokan sumber listrik.

Sementara itu, baterai untuk kendaraan tambang tentunya membutuhkan jumlah yang tidak sedikit.Sehingga membutuhkan budget yang lebih tinggi.

“Kecuali full elektrik tanpa kabel. Tapi mau pake baterai seukuran dan sebanyak apa untuk kendaraan tambang,” kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com